100 Pelaku UMKM Kalsel Ikuti Bimtek IT Untuk Kembangkan Pemasaran Online

Bimtek IT di bidang pemasaran secara online bagi UMKM.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan untuk memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM Kalimantan Selatan di salah salah satu hotel di Banjarmasin.

100 orang peserta yang merupakan pelaku UMKM yang berasal dari 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan mengikuti pelatihan IT di bidang pemasaran secara online bagi UMKM.

“Salah satu strategi yang diambil pemerintah dalam rangka pertumbuhan ekonomi, adalah dengan mendorong pengembangan UMKM, sehingga kontribusi UMKM menjadi sangat besar bagi peningkatan pendapatan daerah,” kata Kepala Dinas Kominfo Prov Kalsel, Muhamad Muslim yang diwakili oleh Kepala Bidang E-Government, Wahdatun Nissa Alkaff, Senin (1/8/2022).

Bimtek ini dilakukan agar UMKM Kalsel bisa bersaing di dunia yang serba digital. 

“Di era digital ini, orang cenderung lebih memilih untuk membeli produk lewat online, untuk itulah penting bagi para pelaku UMKM memiliki keterampilan marketing lewat internet,” lanjut Nissa. 

Sementara itu, Kepala Seksi Usaha dan Pengembangan Kerja Sama, HM Rahmady Abasmay menjelaskan bimtek kali ini sebagai bentuk sinergitas dengan instansi lain dalam pembinaan pelaku UMKM di Kalimantan Selatan.

“Harapan kita melalui Bimtek ini, para UMKM di Kalsel ini bisa memahami dan melaksanakan aktivitas perdagangan melalui digitalisasi seperti mengikuti pemasaran di marketplace,” harap Rahmady.

Bimtek ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 1-3 Agustus sebagai bentuk perberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro berbasis IT sekaligus langkah strategis dalam upaya membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan daya saing global UKM berbasiskan IT.

Selanjutnya kepada 100 peserta bimtek ini akan diajak untuk dapat berpartisipasi di marketplace milik pemerintah daerah yang dikelola oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai