Dispar Kalsel Berharap Menteri Parekraf Tinjau Destinasi Wisata terdampak Banjir

Kepala Dispar Kalsel, M. Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (15/6/2021). MC Kalsel/Jml

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, M. Syarifuddin sangat mengharapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dapat berkunjung ke Kalimantan Selatan untuk meninjau sejumlah destinasi wisata yang terdampak banjir pada pertengahan bulan Januari lalu.

Syarifuddin mengatakan, pada dialog dengan pihak Kementerian Parekraf beberapa waktu lalu, terdapat lima daerah wisata yang saat ini menjadi prioritas, di antaranya Danua Toba, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

“Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan dialog dengan pihak kementerian, memang mereka (Kementerian Parekraf) sangat ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan. Apalagi, awal tahun lalu ada beberapa destinasi wisata yang terdampak banjir dan perlu perhatian khusus, meskipun begitu pariwisata kita tidak kalah bagus,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (15/6/2021).

Syarifuddin menyebutkan, hampir semua destinasi wisata di 11 kabupaten/kota terdampak banjir mengalami kerusakan. Kerusakan terutama terjadi pada destinasi wisata yang berada di dekat bantaran sungai seperti yang ada di Barabai (Hulu Sungai Tengah), Kandangan (Hulu Sungai Selatan), Pelaihari (Tanah Laut).

Dia menambahkan, pihaknya telah mengirimkan data destinasi wisata yang terdampak banjir pada Maret lalu ke Kementrian Parekraf, dan berharap mendapatkan tanggapan positif untuk membantu destinasi wisata terdampak banjir.

“Semoga dengan adanya perhatian pemerintah mulai dari pusat, provinsi, dan kabupaten/Kota, sektor pariwisata di Kalimantan Selatan bisa bergerak kembali,” tukas Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai