Pemprov Kalsel Apresiasi Rakornas BKN

Pj Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar (kanan) saat hadiri rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian BKN secara virtual Tahun 2020 dengan tema “Penerapan Digitalisasi Manajemen ASN di Era Adaptasi Kerja Baru”, Banjarbaru, Kamis (17/12/2020). MC Kalsel/Rol

Pemprov Kalsel mengapresiasi upaya Badan Kepegawaian Negara (BKN) atas penyelenggaraan kegiatan Rakornas sebagai bagian dari mekanisme koordinasi dan sinkronisasi dalam rangka pengembangan serta pembinaan ASN.

Rakornas pada kali ini mengambil tema “Penerapan Digitalisasi Manajemen ASN di Era Adaptasi Kerja Baru”.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin menyampaikan, bahwa tema kali ini sangat sesuai untuk menjawab perubahan tatanan kerja akibat pandemi Covid-19 dan sebagai solusi untuk menjawab dinamika kebutuhan pengelolaan SDM  memasuki Era revolusi industri 4.0.

”Pembangunan harus terus berjalan, ASN sebagai penggerak roda pemerintahan dituntut untuk tetap mempertahankan produktivitas kerja. Berbagai inovasi dan strategi dikembangkan untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan masyarakat,” kata Ma’ruf Amin, Kamis (17/12/2020).

Lanjut Ma’ruf Amin mengatakan, pemanfaatan dukungan teknologi informasi secara intensif, masif, dan digital mampu menciptakan suatu nilai tambah yang memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna layanan.

“Komitmen pemerintah untuk mempercepat transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintah ditunjukkan dengan dukungan anggaran sebesar Rp30,5 triliun guna mendukung program tersebut. Salah satunya adalah untuk membangun akses internet di 4.000 desa dan kelurahan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di Indonesia seta sebanyak 233 desa telah ditetapkan menjadi contoh Desa Digital di Indonesia,” tuturnya.

Menurutnya, reformasi birokrasi yang sedang dilaksanakan saat ini adalah dalam hal penyederhanaan birokrasi untuk mendukung upaya peningkatan kompetensi dan keahlian ASN guna menjawab tuntutan dan kebutuhan akan pelayanan publik dan birokrasi yang dinamis, lincah, efektif dan efisien.

“Penyelesaian pembangunan dan pengembangan infrastruktur digital harus terintegrasi sistem aplikasi pemerintahan e-Government yang terpadu dan secara nasional,” tambahnya.

Ma’ruf Amin berharap kepada pegawai ASN di seluruh Indonesia untuk tetap produktif dan motor penggerak bagi masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan. MC Kalsel/Rol

Mungkin Anda Menyukai