Kesekian Kalinya, Dispersip Kalsel Terima MPK dari Perpusnas RI

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardi, menerima secara simbolis satu unit MPK dari Perpusnas RI, di Jakarta, Jumat (11/12/2020). Dispersip Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan kembali menerima hibah satu unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional RI.

“Hari ini menerima bantuan satu unit MPK beserta isinya dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Bapak M Syarif Bando Kepala Perpusnas RI,” kata Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardi, saat kunjungan kerja ke Perpusnas RI, di Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta masyarakat Banua, Nurliani pun mengucapkan terima kasih atas bantuan MPK yang dihibahkan oleh Perpusnas RI tersebut.

“Ini adalah MPK yang kedelapan yang diberikan Perpusnas RI untuk Kalsel sejak Saya jadi Kepala Dispersip dari beberapa tahun yang lalu,” ujar Nurliani.

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI, Syarif Bando mengatakan MPK hanyalah stimulus untuk gencarkan budaya literasi di Kalsel.

Dia pun mengimbau agar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat menganggarkan MPK untuk menjangkau layanan di daerah masing-masing.

“Seperti yang sudah dilakukan oleh Pemprov Kalsel, bantuan MPK tersebut stimulus, alangkah baiknya Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota juga menganggarkan sendiri, untuk menjangkau layanan di daerah masing-masing,” tutur Syarif.

Tidak hanya MPK, pada kesempatan yang sama Dispersip Kalsel juga menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengembangan perpustakaan di Kalsel.

Selain itu, Kepala Dispersip Kalsel juga berkesempatan mengikuti peluncuran Gerakan Menanam oleh Perpusnas RI dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia sekaligus mendampingi Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabalong melaksanakan Kunker ke Perpusnas RI. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai