Sosialisasi Dasa Wisma

Sosialisasi Dasa Wisma Tingkat Kabupaten Banjar di mahligai Sultan Adam, Kabupaten Banjar, Jumat (13/9/2019).

Tim PKK Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Dasa Wisma Tingkat Kabupaten Banjar di mahligai Sultan Adam, Kabupaten Banjar, Jumat (13/9/2019).

Sosialisasi dibuka oleh wakil ketua 1 TP PKK Kab. Banjar, Nur Gita Tyas. Saat menyampaikan sambutan Gita mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini para kader PKK dapat memperdayakan dan mensejahterakan keluarga.

“Nanti setelah sosialisasi ini ibu-ibu diharapkan dapat membuat kelompok dasa wisma, dan menyusun program-program dasawisma yang merupakan bagian dari Pemeberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang punya peranan penting di masyarakat untuk peningkatan kualitas kesehatan dan ekonomi” jelasnya.

“Ada 10 program pokok PKK yakni penghayatan dan pengalaman pancasila, gotong royonng, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat, harus mampu diimplementasikan kepada kalangan masyarakat terutama perempuan” tambahnya.

Pengisian data warga TP-PKK untuk pendataan dasa wisma langsung di lakukan saat sosialisasi berlangsung agar setelah para kader kembali ke daerahnya dapat langsung melaksanakan program-program masukan dari sosialisasi.

Dalam materinya, Erena Novianty wakil sekretaris 2 TP-PKK menjelaskan bahwa 10 hingga 20 rumah yang betetangga dan masih dalam 1 RT itulah yang dinamakan kelompok dasa wisma atau perkumpulan tetangga Dasa Wisma, dalam kelompok tersebut bisa membuat program-program seperti menanam sendiri sayuran di halaman rumahnya, sedangkan tetangga yang lain bisa menanam tanaman obat, atau membuat kolam ikan yang nantinya semua hasilnya akan diolah sendiri oleh kelompok dasa wisma tersebut” pungkas Erena. Mc Kalsel/Azmh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan