Bumikan Literasi, Dispersip Kalsel Roadshow ke Kabupaten Tabalong

Setelah sebelumnya sukses membumikan literasi di Kabupaten Balangan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel kembali melakukan roadshow di Kabupaten Tabalong.

Dalam kesempatan tersebut Dispersip Kalsel menerjunkan enam unit mobil perpustakaannya untuk mengunjungi sejumlah sekolahan yang ada Kabupaten Tabalong yang dimulai sejak 21-30 Oktober 2024.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani mengatakan ada 21 sekolah dari SD, SMP sederajat hingga SMK di Tabalong yang didatangi mobil Pusling Palnam selama tiga hari tersebut.

Ada pun sekolah yang dikunjungi keenam mobil Pusling Dispersip Kalsel tersebut yakni SDIT Annahl, SMPIT Annahl, SDN 1 Mabuun, SMKN 1 Murung Pudak, SDN 2 Pembataan, SMPN 4 Tanjung, SDIT Hasbun, SMPIT Hasbun, Ponpes Nurul Musthofa, SDN Nawin, MTSN 5 Tabalong, SDN 2 Kambang Kuning, SDN 3 Kambang Kuning.

“Ini merupakan program rutin kita, kita tidak hanya berdiam diri saja, kita harus bergerak jemput bola untuk meningkatkan literasi dan minat baca para generasi penerus kita,” kata Nurliani, Rabu (23/10/2024).

Kedatangan mobil perpustakaan keliling Dispersip Kalsel inipun selalu disambut dengan penuh antusias oleh para pelajar didaerah mana yang dikunjungi.

Misalnya di SDN Mabu’un, setibanya mobil Pusling Palnam di sekolah tersebut, langsung didatangi siswa. Murid-murid SDN Mabu’un dengan sabar antri menunggu giliran mencari buku yang disukainya. Usai mendapatkan buku, mereka langsung membacanya hingga tuntas.

Kepala SDN Mabu’un, Antung Juhrah mengungkapkan kedatangan mobil Pusling Dispersip Kalsel sangat membantu dan berharga buat mereka.

“Kehadiran mobil Pusling kesini cukup banyak manfaatnya, diantaranya untuk mendapatkan pengetahuan, literasi buat anak-anak serta menarik minat siswanyd untuk membaca,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai