Satu Dekade Kepemimpinan, Gubernur Kalsel Raih Banyak Penghargaan di Bidang Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana

Hampir satu dekade kepemimpinan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor (Paman Birin) telah menorehkan berbagai prestasi dan penghargaan di tingkat nasional dalam peningkatan taraf hidup pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta dibidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) Provinsi Kalsel, Sri Mawarni mengungkapkan, Paman Birin telah memperoleh Tanda Kehormatan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) 2018 Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah atas dedikasi dan pengabdian Gubernur yang secara terus manerus dalam mendukung program kependudukan dan peningkatan kesejahteraan keluar secara nasional,” kata Mawar panggilan akrabnya.

Tak hanya disitu saja, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dua kali berturut-turut pada 2018 mampu membawa Kalsel memperoleh Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebagai bentuk penghargaan Kepala Daerah yang memeiliki kepedulian nyata dalam peningkatan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan terhadap Anak. Serta di 2020 kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama (Peletakan Dasar dan Keberlanjutan) sebagai Pemerintah Daerah yang telah peduli dan berkomitmen dalam pelaksanaan PUG di instansinya ataupun di daerah.

“Penghargaan ini diraih atas kepedulian daerah khususnya Provinsi Kalsel yang memiliki kepedulian nyata dalam upaya meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak serta di 2020 dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan danperlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak,” papar Mawar.

Kemudian, di 2019, Paman Birin juga mendapat penghargaan Penggerak Provinsi Layak Anak dengan penilaian mandiri semua Kabupaten/Kota Layak Anak di Provinsi meraih nilai diatas 500 yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

“Pada 2023 Gubernur Kalsel Sahbirin Noor meraih Penghargaan Provinsi Layak Anak,” jelas Mawar.

Kemudian, di 2020-2023 mendapat penghargaan Anugerah KPAI. Penghargaan ini sebagai hasil dari upaya Pemprov Kalsel melaporkan capaian berbasis Sistem Informasi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP), ini merupakan peringkat tertinggi Nasional.

Melalui berbagai Penghargaan diberikan atas keberhasilan Paman Birin membuktikan komitmen dan kepedulian terhadap perlindungan anak di Banua, DPPPAKB terus berkomitmen untuk terus berinovasi untuk kemajuan serta perubahan di Kalsel.

“Di 2023, Gubernur Kalsel kembali mendapatkan Satyalancana Wira Karya Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Inovasi Penanganan Penurunan Stunting). Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023,” jelas Mawar. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai