Promosikan Produk IKM, Dekranasda Kalsel Ikuti Pameran Kriyanusa di Jakarta

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam hal ini Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) telah ikut serta dalam mempromosikan produk kerajinan dari pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) dengan mengangkat tema “Pengrajin Muda Lestarikan Warisan Budaya”, di Jakarta Convention Center (JCC) yang dilaksanakan selama lima hari mulai 28 Agustus hingga 1 September 2024. Pameran Kriyanusa telah dibuka oleh Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah melalui Sekretaris, Kris Wibowo berharap, melalui pameran Kriyanusa dengan melibatkan para pelaku IKM, bisa menjadi ajang promosi dalam memperluas pasar.

“Ada sembilan produk kerajinan Provinsi Kalsel yang dipamerkan, diantaranya kain sasirangan, kerajinan anyaman, batu permata dan lainnya dengan kualitas yang telah ditingkatkan jika dibandingkan dari tahun sebelumnya,” kata Kris yang juga Kepala Bidang Sarana Prasarana Pemberdayaan Industri Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalsel, di Banjarbaru, Jumat (30/8/2024).

Kris menyebutkan, pelaku IKM juga menghadirkan anyaman yang telah dimodifikasi menjadi produk fashion modern.

“Mudah-mudahan dengan keikutsertaan kita dalam pameran Kriyanusa, semakin bisa meningkatkan promosi kualitas produk khas Banua, sehingga ke depannya bisa masuk ke pangsa pasar nasional bahkan internasional,” tutur Kris.

Kris menyebutkan, terlebih dahulu produk kerajinan yang diikutsertakan dalam pameran Kriyanusa telah diseleksi agar dalam mempromosikan produk kerajinan bisa diminati banyak pihak.

Kris pun menjelaskan, Disperin memang terus mendukung penuh dalam memfasilitasi para pelaku IKM dalam memasarkan produk daerahnya agar bisa diminati pasar domestik dan pasar ekspor.

“Kami memiliki peran penting dalam memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi untuk peluang usaha agar para pelaku usaha di Kalsel termotivasi dalam mengembangkan produknya agar bisa lebih memperluas jaringan pasar,” imbuh Kris. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai