Promosikan Pariwisata Kalsel, Menparekraf RI Apresiasi Peluncuran Calendar of Event 2024

Sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata Banua kepada dunia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) resmi meluncurkan Calendar of Event (CoE) tahun 2024 di Semarang, Jum’at (3/11/2023).

Diikuti perwakilan 10 kabupaten/kota di Kalsel, kegiatan tersebut turit dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Pada peluncuran COE kali ini, Pemerintah Provinsi Kalsel telah menyiapkan sekitar 100 event pariwisata unggulan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Langkah ini pun mendapat apresiasi dari Sandiaga. Menurutnya ini merupakan langkah yang baik untuk mengenalkan potensi pariwisata Kalsel kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Ini merupakan langkah yang brilian, saya melihat berbagai potensi pariwisata ada di Kalsel ada wisata alam, wisata budaya, wisata religi seperti haul guru sekumpul,” kata Sandiaga.

Dia pun berharap, peluncuran COE ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kasel dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dengan tiga G, Gercep, Geber, dan Gaspol kita kembangkan pariwisata di Kalsel, ujar Sandiaga.

Sementara, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nurul Fajar Desira menyebutkan, peluncuran COE ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Kalsel untuk menyebarkan informasi mengenai beragam agenda wisata yang akan menjadi fokus sepanjang tahun 2024.

“Dengan berbagai macam potensi alam dan budaya, kami yakin bahwa kegiatan ini akan menjadi wadah yang tepat untuk mengangkat potensi wisata lokal kami ke tingkat yang lebih tinggi,” ucap Fajar.

Dia berharap bahwa CoE ini akan memberikan manfaat dan menjadi sumbernya informasi bagi para wisatawan yang berencana untuk mengunjungi Kalsel.

“Melalui CoE ini, kami berharap dapat menampilkan pesona pariwisata Kalimantan Selatan tidak hanya di seluruh Indonesia, tetapi juga di mata dunia,” tegas Fajar.

Sedangkan, Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin mengungkapkan, peluncuran CoE ini merupakan agenda tahunan pihaknya dalam rangka menyampaikan dan mempromosikan berbagai macam event pariwisata di Kalsel.

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa Kalsel memiliki Sumber Daya Pariwisata yang indah, berkarakter dan layak untuk dijual. Ditambah lagi dengan event-event yang ada di 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel. Apalagi sekarang Kalsel menjadi Gerbang IKN yang posisinya berdekatan dengan Provinsi Kalimantan Timur,” kata Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai