Wujudkan Wilayah Sentra Domba Pemukiman Eks Kimtrans, Pemprov Kalsel Bagikan Bantuan Hewan Ternak

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan membagikan bantuan hewan ternak dalam mewujudkan wilayah eks kimtrans di desa Desa Lajar Papuyuan Matang Hanau, Kabupaten Balangan menjadi sentra domba di Kalsel.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti melalui Kepala Bidang Transmigrasi, Inna Yuliani mengungkapkan program bantuan hewan ternak ini merupakan salah satu arahan dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang sering disapa Paman Birin dalam mengembangkan infrastruktur dan kelembagaan pada kawasan transmigrasi di Kalimantan Selatan.

“Ini merupakan upaya Pemprov Kalsel dalam pemanfaatan pemukiman untuk meningkatkan perekonomian di daerah eks kimtrans,” ucapnya, Balangan, Kamis (22/8/2024).

Ia menerangkan, bantuan hewan ternak kali ini sebanyak 7 ekor domba yang merupakan bibit khusus, dengan harapan bisa dibudidayakan sehingga perekonomian terus bergerak maju ke depan. Pada tahun sebelumnya, kegiatan ini juga telah sukses dilaksanakan.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Pembinaan dan Pembangunan Satuan Pemukiman Pugar (PPSP) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Mustapa menambahkan selain memberikan bantuan hewan ternak, pihaknya juga memberikan pelatihan pembibitan dan penggemukan ternak.

“Apabila peternakan ini bisa terus dikembangkan maka bisa meningkatkan taraf hidup di wilayah eks kimtrans khususnya Desa Lajar Papuyuan Matang Hanau, Kabupaten Balangan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai