Pj Sekdako Banjarbaru Jadi Inspektur Upacara Serenade

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan sekaligus Pj Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Nurliani, didampingi ajudan Muhammad Nor Ikhsan menjadi Inspektur Upacara Serenade yang dilaksanakan di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, Sabtu (17/8/2024).

Upacara serenade sendiri dilakukan sebelum Upacara Penurunan Bendera dalam rangka memperingati HUT Proklamasi RI ke-79.

“Pada tahun ini serenade diisi oleh nyanyian lagu-lagu nasional yang dibawakan oleh paduan suara PGRI Kota Banjarbaru dan penampilan Marching Band Diva Swara Dharma Banjarbaru,” kata Nurliani.

Lebih jauh, Serenade adalah istilah umum yang merujuk kepada nyanyian atau alunan musik untuk memberikan penghormatan pada sore hari. Biasanya dibawakan oleh banyak orang, bisa dalam bentuk paduan suara, nyanyian tunggal, atau kelompok musik (ensembel, orkes simfoni).

Di Indonesia, serenade kerap kali ditambahkan sebagai bagian dari upacara perayaan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditampilkan setelah upacara penurunan bendera selesai

“Lagu perjuangan, lagu nasional, dan lagu bertema patriotisme nasionalisme yang dinyanyikan dalam serenade bertujuan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam rangka ikut memerdekakan Indonesia. Selain itu juga untuk membangkitkan semangat seluruh generasi dalam rangka mengisi kemerdekaan,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai