Studi Banding, Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Terima Kunjungan Dinas Koperasi dan UKM Jatim

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai menyambut kunjungan jajaran Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Timur ke salah satu Koperasi Modern Banua di Kalsel, Banjarmasin, Kamis (19/9/2024).

“Alhamdulillah hari ini kami kedatangan dari Dinas Koperasi UMKM Jawa Timur, mereka melakukan studi banding terhadap pembiayaan koperasi yang ada di Kalimantan Selatan,” sebut Yanuar.

Atas kunjungan tersebut, Dinas Koperasi dan UKM Kalsel memberikan layanan untuk mengunjungi salah satu koperasi modern yang ada di Kalsel yakni Koperasi Arrahmah di Banjarmasin.

“Kita melihat bahwa kooperasi ini adalah merupakan role model atau koperasi percontohan kita yang nilainya sudah AAA, yang kalau dilihat ini adalah merupakan suatu koperasi yang sangat luar biasa,” lanjut Yanuar.

Koperasi Arrahmah sendiri telah menerapkan pelayanan dengan digitalisasi, sudah audit eksternal, sehingga menjadi koperasi yang layak untuk ditiru di daerah lain, termasuk di luar Kalsel.

Kunjungan tersebut kemudian dilanjutkan ke Koperasi Union, koperasi simpan pinjam yang terbilang sudah berhasil untuk memberikan pelayanan peminjaman kepada masyarakat.

“Inilah yang kami lakukan, melihat keberhasilan beberapa koperasi yang ada di Kalsel, yang akan juga ditiru oleh Dinas Koperasi Jawa Timur,” tutup Yanuar. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai