Adakan Rapat Pendekatan Partisipatif, Pemprov Kalsel Ingin Wujudkan Kota Berkelanjutan dan Daya Saing

Dalam rangka menciptakan penataan ruang kota yang lebih inklusif, responsif, dan berkelanjutan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Rapat Pendekatan partisipatif dalam Penantaan ruang untuk mewujudkan kota yang berkelanjutan dan berdaya saing di Banjarmasin. 

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan diwakili oleh Kabid Penataan Ruang dan Pertanahan, Nursjamsi mengatakan tujuan kegiatan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan terkait penataan ruang kota, Mengidentifikasi dan membahas isu-isu strategis serta tantangan dalam penataan ruang di wilayah terkait, Mengevaluasi pelaksanaan penataan ruang yang telah berjalan dan merencanakan langkah-langkah perbaikan, meningkatkan kapasitas pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam perencanaan dan pengelolaan ruang kota yang berkelanjutan.

“Sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Penataan Ruang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang bahwa penyelenggaraan penataan ruang dilaksanakan secara hierarkis dan komplementaris, mulai dari tingkat nasional hingga tingkat daerah,” kata Nursjamsi, Selasa (17/9/2024).

Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan koordinasi lintas sektor, lintas wilayah, dan lintas pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan penataan ruang. 

“Dalam proses ini partisipasi masyarakat memiliki peranan yang sangat krusial untuk memastikan bahwa kebijakan dan perencanaan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi warga. Partisipasi masyarakat tidak hanya meningkatkan kualitas perencanaan, tetapi juga mendorong rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap lingkungan mereka,” ujarnya.

Menurutnya, pendekatan partisipatif membuka peluang besar untuk menciptakan penataan ruang kota yang lebih inklusif, responsif, dan berkelanjutan. Partisipasi masyarakat yang aktif dapat menghasilkan solusi yang lebih tepat sasaran, meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap hasil pembangunan, serta mendukung terciptanya kota yang berkelanjutan dan berdaya saing. 

“Melalui rapat ini diharapkan muncul pemahaman yang lebih mendalam terhadap pentingnya partisipasi masyarakat serta terbentuknya kolaborasi yang lebih baik antara semua pihak terkait,” ucapnya. 

Adapun kegiatan ini menghadirkan narasumber berkompeten yaitu Miftahul Ridhoni dari Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) Wilayah Kalimantan, Nidya Octanazizah dari Dinas PUPR Kalsel, Akhmad Arifin, Forum Komunitas Hijau Kota Banjarmasin, Muhammad Ary Achdyani, M.AP, Forum Komunitas Hijau Kota Banjarmasin. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai