Pemprov Kalsel Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pengasuhan dan Pengembangan Potensi Anak

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah mengapresiasi Seminar Parenting dan Pemeriksaan Minat Bakat Gratis yang digagas oleh Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) Kalsel dan Yasika Indonesia di Banjarmasin, Sabtu (10/3/2024).

Husnul Hatimah mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen yang tinggi terhadap peningkatan kualitas pengasuhan dan pengembangan potensi anak-anak.

Husnul menyampaikan, saat ini para orang tua tidak bisa mengabaikan pentingnya parenting yang tepat bagi anak-anak untuk membentuk generasi masa depan yang berkualitas. Orang tua adalah pendidik utama dan pertama bagi anak-anak, terlebih peran ini semakin krusial di era yang penuh tantangan seperti sekarang.

“Sebagai orang tua, kita dituntut untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak. Kita harus mampu menjadi pembimbing yang bijak, filter yang efektif, sekaligus teladan yang baik bagi anak-anak,” kata Husnul.

Sehingga, seminar parenting ini diharapkan dapat membekali para orang tua dengan strategi dan wawasan terkini di dunia parenting.

Selanjutnya, pemeriksaan minat dan bakat bagi anak-anak perlu dipahami, bahwa setiap anak terlahir dengan potensi unik yang perlu digali dan dikembangkan.

“Pemeriksaan minat dan bakat sejak dini dapat membantu kita mengenali kecenderungan dan minat bakat anak, sehingga kita dapat memberikan dukungan dan arahan yang tepat dalam pengembangan potensi mereka,” ucap Husnul.

Dengan mengetahui minat dan bakat anak sejak dini, orang tua dapat merancang program pengembangan yang lebih terarah dan efektif. Hal ini akan membantu anak-anak tumbuh dengan percaya diri, menemukan passion mereka, dan pada akhirnya mampu mengoptimalkan potensi mereka di masa depan.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif pemeriksaan minat dan bakat gratis dalam acara ini, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi orang tua dan anak-anak kita,” jelas Husnul.
​​
Lebih jauh, Husnul mengatakan kegiatan seminar ini memiliki relevansi yang sangat erat dengan visi misi pembangunan Kalsel. Salah satu fokus utama adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dimana kemajuan Kalsel tidak hanya ditentukan oleh sumber daya alam, tetapi juga oleh kualitas sumber daya manusianya.

“Jadikan pembelajaran hari ini sebagai titik awal perubahan positif dalam pola asuh dan pendidikan anak-anak kita dengan konsistensi dan kesungguhan,” ujar Husnul. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai