Tari Kolosal dan Seni Mamanda Akan Meriahkan Peringatan Harjad Ke-74 Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan akan menampilkan Tari Kolosal serta kesenian Mamanda dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan yang akan diselenggarakan tanggal 14 Agustus di Eks Kantor Gubernur Pal Nol kota Banjarmasin.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti menuturkan pada pagelaran kali ini pihaknya bersinergi dengan berbagai sanggar serta sekolah dari lintas banua.

“Pagelaran seni tradisi mamanda serta tari kolosal ini melibatkan 180 seniman dari lintas generasi,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (30/7/2024).

Ia menerangkan, pagelaran ini nantinya akan mengangkat tema “Kada Bapajahan Samangat, Kada Sing Hantaan Gasan Banua” yang diharapkan para kepala daerah hingga Gubernur Kalimantan Selatan dapat terlibat dalam pagelaran ini.

Suharyanti menuturkan, hingga saat ini untuk proses garapan sudah mencapai 80 persen, tinggal menyeragamkan gerak dan tubuh para penari.

“Kami berharap pagelaran ini bisa menjadi salah satu cara dalam memajukan kesenian di banua kita tercinta,” katanya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai