Dispar Kalsel Gelar Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Pariwisata Kabupaten Tapin

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) memiliki peranan penting membantu pemerintah daerah dalam menunjang kemajuan sektor pariwisata di Banua.

Pengelola Pokdarwis di Banua pun dituntut untuk memiliki kompetensi yang mumpuni. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel mengadakan Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Pariwisata guna meningkatkan kompetensi pengelola Pokdarwis di Banua.

Pelatihan kali inipun menyasar sejumlah perwakilan Pokdarwis, Pemerintah Desa, dan Komunitas penggiat wisata Kabupaten Tapin, dimana pada pelatihan ini para pengelola Pokdarwis Kabupaten Tapin akan dibekali tentang SOP mitigasi bencena di objek wisata, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, dan juga penympaian story telling.

Plh Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Noor mengatakan, peningkatan kompetensi ini sangat penting bagi rekan-rekan Pokdarwis untuk memajukan destinasi wisata yang mereka kelola, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Dengan pengelolaan yang baik dan meningkatnya jumlah kunjungan tentunya akan memberikan dampak positif terhadap pengelola Pokdarwis dan juga masyarakat sekitar destinasi wisata,” kata Muhammad Noor, Banjarmasin, Kamis (25/7/2024).

Dispar Kalsel pun berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan serupa dengan menggandeng stakeholder terkait agar kompetensi SDM kepariwisataan di Banua lebih meningkat.

“Ini kita lakukan agar sektor pariwisata kita juga bisa bersaing dengan provinsi-provinsi lain,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Potensi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Parwisata Kabupaten Tapin, Rizali Hadi mengapresiasi atas gelaran pelatihan Pokdarwis yang diinisiasi oleh Dispar Kalsel tersebut.

Dia menuturkan bahwa Pokdarwis di Kabupaten Tapin menunjukan geliat positif dalam mengelola dan memajukan sektor pariwisata setempat.

“Alhamdulillah untuk di Tapin sangat semangat (Pokdarwis), apalagi saat ini banyak destinasi wisata yang dibangun,” kata Rizali.

Dia menambahkan bahwa Pemda setempat pun sangat mendukung pengembangan Pokdarwis di Kabupaten Tapin melalui berbagai macam program pelatihan.

“Kita sangat mendukung, kita juga sudah melaksanakan berbagai macam program pelatihan bagi rekan-rekan Pokdarwis di Tapin,” jelasnya.

Dia juga mengakui tingkat kunjungan wisatawan di Kabupaten Tapin meningkat berkat peran Pokdarwis setempat.

“Alhamdulilah tingkat kunjungan kita lumayan tinggi, kita memiliki berbagai macam destinasi wisata seperti alam, dan budaya yang menarik untuk di kunjungi,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai