Sumber Informasi Digital, Dispersip Sosialisasikan Aplikasi i-Kalsel

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel melaksanakan Sosialisasi Aplikasi i-Kalsel di sejumlah kabupaten/kota di Kalsel.

Aplikasi i-Kalsel sendiri merupakan inovasi milik Dispersip yang menyediakan berbagai koleksi buku dan sumber informasi lainnya secara digital.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai manfaat dan cara penggunaan aplikasi i-Kalsel di era digital saat ini.

“Saat ini, i-Kalsel yang dimiliki Dispersip Kalsel telah memiliki 2.235 pengguna aktif, dengan koleksi mencapai 6.706 judul dan total 55.448 eksemplar buku,” kata Nurliani, Banjarmasin, Rabu (24/7/2024).

Dia menilai angka tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi terhadap penggunaan aplikasi ini.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna serta pemanfaatan aplikasi i-Kalsel khususnya di kalangan masyarakat, sehingga literasi dan akses terhadap informasi di wilayah Kalsel dapat semakin meningkat.

“i-Kalsel merupakan platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore & e-Pustaka, membangun jaringan atau komunitas sesama pembaca, dan juga tentunya sebagai e-Reader untuk membaca e-Book. i-Kalsel dapat diakses di berbagai perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs (web-based), netbook dan tab based hybrid (tab-base application), dan mobile (smartphone-based application),” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai