Perpusnas RI Tunjuk Kadispersip Kalsel Jadi Narasumber di Rakor Pengembangan Koleksi Nasional 2024

Perpustakaan Nasional RI mengundang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Nurliani sebagai narasumber dalam Rapat Pengembangan Perpustakaan Bermutu yang Inklusif pada 18 sampai 19 Juli 2024 besok.

Dipilihnya Nurliani sebagai narasumber pada kegiatan tersebut tidak lepas dari prestasinya yang berhasil membawa Provinsi Kalsel menjadi salah satu role model dalam pengembangan koleksi perpustakaan nasional.

Nurliani pun mengaku senang atas undangan Perpusnas RI kepada dirinya untuk mengisi materi pada kegiatan tongkat nasional tersebut.

“Sesuai dengan permintaan Perpusnas sebagaimana Surat Nomor B.1356/3/PRC 05.03.VI/2024 Tanggal 13 Juni 2024 perihal permohonan narasumber dalam Rapat Kordinasi Pengembangan Koleksi Nasional yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kalsel, saya diminta membawakan materi ‘Praktik Baik Pengembangan Perpustakaan Khusus Penyandang Disabilitas di Provinsi Kalimantan Selatan’,” kata Nurliani, Banjarmasin, Rabu (17/7/2024).

Bicara soal perpustakaan yang inklusif, Bunda Nunung (sapaan akrab Nurliani) mengatakan, Kalsel patut berbangga karena menjadi satu-satunya Dispersip yang memiliki gedung layanan khusus disabilitas di Indonesia.

“Dan yang lebih membanggakan lagi, dana pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK),” tuturnya.

Sebelumnya, Nurliani juga pernah diminta menjadi pembicara di level nasional, diantaranya Rapat Kordinasi Nasional Bidang Perpustakaan dan pada Rapat Kordinasi Undang-undang Nomor 13 tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.

“Alhamdulillah. Hal yang menggembirakan karena Kalsel jadi role model di nasional,” tukasnya.

Sebagai tambahan, Rapat ini dilakukan sebagai bentuk kerja sama agar seluruh perpustakaan dapat meningkatkan mutu pengembangan koleksi di perpustakaan. Kegiatan akan berlangsung terbatas via Zoom Meeting.

Tak hanya buku cetak, tetapi bahan lainnya seperti naskah kuno, peta, bahan perpustakaan digital, bahan perpustakaan untuk pemustaka berkebutuhan khusus, audio visual, konten kreatif, serta format multimedia lainnya.

Kegiatan itu akan dipandu oleh dua moderator: Edy Suryanto sebagai Ketua IPI wilayah Bogor-Depok dan Santi Delliana sebagai Kepala Perpustakaan Kalbis University. Sementara Kepala Perpustakaan Nasional, Prof. Aminudin Azis, akan menjadi keynote speech. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai