BUMDesa Expo 2024 Sebagai Ajang Perkenalan Produk Unggulan Dalam Tingkatkan Perekonomian Desa

Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel akan kembali menggelar Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Expo, di Lapangan Murjani Banjarbaru.

BUMDesa Expo 2024 merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya dengan tema “BUMDesa dari Desa untuk Kalsel Maju” yang akan dilaksanakan mulai 26 hingga 30 Juli mendatang. Hal ini sejalan dengan arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang terus mendukung dan mendorong pembangunan desa untuk mencapai desa-desa di Kalsel semakin sejahtera, sesuai visi dan misi Kalsel Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan (Maju).

Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah melalui Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa, Indah Novita Purnamasari mengatakan, pelaksanaan BUMDesa Expo untuk memberikan apresiasi kepada BUMDesa di Kabupaten dan memperkenalkan produk unggulannya masing-masing.

“Tidak hanya BUMDesa tetapi UMKM juga akan ikut berpartisipasi sehingga dapat semakin meramaikan penyelenggaraan kegiatan Expo tersebut,” kata Novi, di Banjarbaru, Jumat (12/7/2024).

Diutarakan Novi, pihaknya akan lebih memaksimalkan potensi BUMDesa kepada masyarakat karena seluruh BUMDesa pasti telah memiliki inovasi.

“Memang setiap tahunnya kami melakukan pembinaan dan pelatihan kepada BUMDesa dalam memetakan potensi usahanya di desa,” ungkap Novi.

Novi menyebutkan, BUMDesa berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat dan menjadi penyumbang pendapatan desa karena mengelola sumber daya alam dan potensi desa.

“Mudah-mudahan BUMDesa Maju di Kalsel semakin bertambah agar bisa mampu membangkitkan perekonomian dan menjadikan desa itu mandiri,” imbuh Novi.

Diketahui, ada beberapa kegiatan BUMDesa Expo 2024 nantinya, seperti penyerahan penghargaan BUMDesa terbaik se-Kalsel dan pameran produk-produk unggulan BUMDesa dari 11 kabupaten yang ada. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai