Sikapi Perubahan Iklim, Korem 101/Antasari Selenggarakan Komsos Bersama Pemprov Kalsel

Komando Resor Militer (Korem) 101/Antasari mengajak kepada seluruj jajaran pemerintah di Provinsi Kalimantan Selatan untuk bersinergi menyikapi kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki keragaman alam luar biasa, dengan menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) bersama aparat pemerintah Semester I TA 2024 di aula Korem 101/Ant Banjarmasin.

“Perubahan iklim global menyebabkan berbagai dampak negatif di indonesia, salah satunya perubahan iklim, kondisi ini mengakibatkan terjadinya kemarau panjang yang berdampak terhadap menurunnya produktivitas pangan,” sebut Kasi Teritorial Kasrem 101/Ant, Kolonel Inf Oo Sahrojat, Rabu (26/6/2024)

Mewakili Danrem 101/Ant, Brigjen TNI Ari Aryanto, Sahrojat memberikan pemahaman terkait pemanasan global dan adanya gorila El Nino menjadi tantangan tersendiri dan memberikan dampak negatif bagi negara-negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia umumnya, dan Kalsel khususnya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Korem 101/Antasari terus berkoordinasi, berkomunikasi dan bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa dengan melaksanakan ketahanan pangan secara terpadu dengan Pemprov Kalsel, salah satunya yaitu yang baru saja dilaksanakan berupa penanaman jagung di Bukit Petruk Sei Ulin Banjarbaru dan kegiatan ketahanan pangan lainnya yang dilaksanakan di seluruh Kodim jajaran Korem 101/Antasari.

“Program ini merupakan langkah konkret TNI AD dengan Kementerian Pertanian sebagai langkah antisipasi turunnya produktivitas pangan serta membantu dan meningkatkan kesejahteraan para petani akibat dari dampak ancaman perubahan iklim,” tambahnya.

Kegiatan Komsos mengangkat tema, ‘TNI AD bersama aparat pemerintah bersinergi dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim,’ selain sebagai sarana silaturahmi, kegiatan ini sebagai upaya untuk memelihara, meningkatkan dan menjalin sinergitas antara TNI AD dengan aparat pemerintah dalam pemahaman tentang dampak perubahan iklim dan mengatasinya.

“Diharapkan dengan komunikasi dan kerjasama yang baik dari seluruh instansi, program pemerintah dapat berjalan dengan lancar serta permasalahan-permasalahan yang timbul dapat diatasi, sehingga timbul stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban di masyarakat,” katanya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai