Pemprov Gelar Seleksi KIM Terbaik Tingkat Provinsi Kalsel

Sebanyak tujuh Kelompok Informasi Masyarkat (KIM) dari sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti seleksi KIM terbaik tingkat Provinsi Kalsel yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel.

Seleksi ini diadakan guna memilih satu KIM terbaik untuk mewakili Kalsel pada KIM Fest 2024 yang akan dilaksanakan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada tapahan seleksi ini, Diskominfo Provinsi Kalsel turut menggandeng perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel dan praktisi media massa televisi.

“Pada seleksi ini peserta akan kami minta untuk menampilkan video profil, memaparkan program kerja, dan sesi wawancara dengan dewan juri. Peserta akan diberikan waktu 15 menit untuk menyelesaikan tahapan seleksi ini,” kata Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim, Banjarbaru, Kamis (20/6/2024).

Muslim menambahkan, pada KIM Fest tahun ini ada empat kategori yang dilombakan diantaranya adalah kategori UMKM, Perkebunan, Pariwisata, dan Kebudayaan.

“Semoga KIM yang mewakili Kalsel nanti bisa lebih optimis dan percaya diri dalam berkompetisi dengan KIM dari provinsi lain,” tuturnya.

Sementara itu, Syaifuddin, salah satu dewan Juri dari Praktisi Media Massa Televisi menilai bahwa semua finalis yang mengikuti seleksi kali ini memenuhi harapan dewan juri.

“Apa yang dipresentasikan hari ini menggambarkan bahwa masyarakat kita mulai sadar akan informasi, dan memanfaatkan informasi tersebut untuk kesejahteraan masyarakat desa kita,” ujarnya.

Adapun yang menjadi indikator penilaian pada seleksi kali ini yakni KIM yang mampu melihat potensi di desa mereka secara keseluruhan, dan memberikan kreasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat sekitar.

“Dua hal ini jadi pertimbangan kita, dan semuanya memenuhi harapan kita, tinggal kami memilih mana yang bisa mewakili Kalsel ke nasional nanti,” jelasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai