Perluas Kesempatan Kerja, Pemprov Kalsel Laksanakan Program TTG

Dalam rangka memperluas kesempetan kerja, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) bidang Tata Boga di Kelurahan pembataan, kecamatan Murung Pudak, kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti yang diwakili Kepala Seksi Perluasan Kesempatan Kerja, Apriliani Dwi Erma Ratih mengatakan pelatihan ini sangat berdampak positif untuk memberdayakan masyarakat.

“Khususnya para Ibu Rumah Tangga (IRT). dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang masih dapat dikembangkan sebagai peluang peningkatan pendapatan keluarga, aksebilitas masyarakat dan peningkatan perekonomian lokal,” ucapnya, Tabalong, Rabu (29/5/2024).

Lanjut, pihaknya menambahkan pada kegiatan ini para peserta tidak hanya diberikan bantuan sarana dan prasana, akan tetapi mereka juga dilatih langsung oleh instruktur yang ahli di bidang tata boga untuk mengetahui selera pasar yang saat ini diminati.

“Kegiatan ini kami laksanakan selama tiga hari dengan membuat berbagai macam olahan yang diikuti 20 IRT,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya berharap setelah kegiatan ini selesai, para peserta mampu menjadi wirausaha yang tangguh dan bisa membantu menopang ekonomi keluarga.

“Sehingga bisa menuntaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran di Kalimantan Selatan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Herwandi menuturkan dengan adanya program ini pihaknya sangat terbantu khususnya masyarakat yang ingin meningkatkan perekonomian keluarga.

“Pemerintah Kabupaten Tabalong optimis program ini mampu meningkatkan pendapatan, mempengaruhi satu sama lain untuk mendorong dampak kolektif tenaga kerja, sehingga dapat membantu mereka untuk mandiri dan keluar dari kemiskinan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai