Melalui Pokdarwis, Dispar Kalsel Terus Wujudkan SDM Kepariwisataan Unggul

Foto bersama pada pelatihan, pendampingan, dan pembinaan Pokdarwis Kabupaten Tanah Laut. Dispar Kalsel/dok

Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus menggencarkan langkahnya mewujudkan sumber daya manusia kepariwisataan yang unggul melalui pelatihan, pendampingan, dan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 13 kabupaten/kota.

Setelah sebelumnya menyambangi Pokdarwis di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Barito Kuala, kini jajaran Dispar Kalsel melalui Bidang Destinasi Pariwisata menyambangi Pokdarwis Kabupaten Tanah Laut.

Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Syarifuddin, diwakili Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Mugeni menyampaikan, program pelatihan meningkatkan kapasitas SDM pelaku pariwisata merupakan kegiatan strategis yang harus ditingkatkan sebagai pendukung percepatan pembangunan pariwisata di Kalsel.

Apalagi keberadaan Pokdarwis sangat penting bagi kemajuan pariwisata di Kalsel, mengingat mereka merupakan ujung tombak sekaligus perpanjangan tangan pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin membina masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis agar mampu menyusun program pemanduan wisata sederhana yang sesuai dengan dinamika dan potensi yang ada. Selain itu, kami juga ingin memberikan pemahaman betapa pentingnya etika dan sikap dalam peningkatan kualitas pelayanan yang handal,” kata Mugeni, Tanah Laut, Kamis (7/7/2022).

Dalam kesempatan ini, Mugeni juga mendorong SDM Pokdarwis Kabupaten Tanah Laut untuk bisa mengembangkan objek wisata yang dikelola sesuai dengan prinsip Sapta Pesona dan standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment).

“Kita ingin Sapta Pesona, khususnya terkait dengan keamanan bisa diterapkan teman-teman Pokdarwis ditempat wisata yang mereka kelola. Jika sudah aman, pengunjung juga akan nyaman berwisata, sehingga mereka tidak jera berkunjung kembali dan ini akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan, serta kemajuan ekonomi masyarakat setempat,” ucap Mugeni.

Mugeni pun berharap, pelatihan ini dapat memperluas pengetahuan pengelola Pokdarwis di Kabupaten Tanah Laut dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan aktivitas pengembangan kepariwisataan, khususnya ekowisata agar menjadi aktivitas wisata yang digemari masyarakat. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai