Pengembangan Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga, Pemprov Kalsel Gelar Teknologi Tepat Guna

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi membagikan bantuan sarana usaha terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) sebagai bentuk pengembangan usaha kepada Ibu Rumah Tangga (IRT) yang ada di kabupaten/kota.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti mengatakan TTG ini sebagai langkah awal dalam upaya pengembangan calon wirausaha baru yang inovatif.

“Ini akan menjadi awal dalam rangka pengembangan perluasan kesempatan kerja diluar hubungan kerja atau melalui UMKM, karena sektor umkm sangat penting terhadap penyerapan lapangan pekerjaan,” ucapnya, kabupaten Banjar, Selasa (14/4/2024).

Irfan mengungkapkan, sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan bahwa dengan pengembangan wirausaha mampu meningkatkan pendapatan, mempengaruhi satu sama lain, untuk mendorong dampak kolektif tenaga kerja.

Ia menegaskan, program TTG juga untuk memberikan stimulus agar Dinas Tenaga Kerja setempat juga desa untuk mengadopsi program ini supaya lebih berkembang dan melahirkan calon – calon wirausaha baru sehingga target kita bersama yaitu mengurangi pengangguran dapat tercapai.

“Ekosistem kewirausahaan dibangun dari pasar yang mudah diakses, ketersediaan SDM yang terampil serta dukungan budaya setempat untuk menjadi wirausaha mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Indah Fajarwati menuturkan ada 20 peserta yang akan melakukan pelatihan di bidang tata boga.

Selain memberikan pelatihan, pihaknya juga memberikan bantuan berupa sarana usaha tata boga pembuatan kue, bahan dan peralatan tata boga seperti oven, kompor gas serta mixer.

“Dengan adanya program dapat membantu mereka untuk mandiri dan membantu perekonomian keluarga,” terangnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai