Pemprov Kalsel Akan Buka Layanan Kedokteran Nuklir


Pemerintah Provinsi Kalimantan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin akan membuka layanan Kedokteran Nuklir di tahun 2024.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Diauddin mengatakan pihaknya telah siap untuk membuka pelayanan kedokteran Nuklir di RSUD Ulin Banjarmasin.

“Untuk kesiapan SDM, rumah sakit sudah memiliki dokter yang bisa melakukan pelayanan kedokteran Nuklir. Akan tetapi, saat ini kami masih menunggu sarana dan prasana yang rencana akan diberikan oleh Pemerintah Pusat,” ucapnya, di Banjarmasin, Jumat (3/5/2024).

Lebih lanjut dijelaskannya, Kedokteran nuklir adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka untuk menghancurkan sel kanker. Menurutnya, kedokteran nuklir saat ini sedangkan banyak digunakan untuk kasus penyakit kanker, yang mana digunakan dalam pelayanan radioterapi atau radiasi.

“Ini pastinya akan lebih aman dan resikonya tidak setinggi dari biasanya,” katanya.

Ia pun menuturkan, apabila kodekteran nuklir  dibuka di RSUD Ulin Banjarmasin, maka akan menjadi satu-satunya rumah sakit yang memiliki pelayanan ini di Kalsel.

“Sehingga dapat mempermudah masyarakat, karena tidak perlu melakukan perawatan hingga ke luar negeri. Cukup di Indonesia saja sudah bisa,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai