KKB KB Untuk Musnahkan Kekumuhan Kota

Walikota Banjarmasin, menandatangani prasasti sebagai bukti ditasbihkannya Kecamatan Banjarmasin Barat sebagai Kampung Keluarga Berencana, Kampung Baiman (KKB, KB). MC Kalsel/rmd

Banjarmasin,-
Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, meresmikan Program Kampung Keluarga Berencana, Kampung Baiman (KKB, KB) untuk kesekian kalinya. Kali ini Kecamatan Banjarmasin Barat yang dituju. Ada dua RT dan satu RW yang diresmikan sebagai Kampung KB, Kampung Baiman  yakni RT 09, RT 11 dan RW 001.

“Kampung KB Kampung Baiman ini adalah model keterpaduan pembangunan. Aslinya memang Kampung KB ini untuk pelayanan KB, tetapi di Kota Banjarmasin ada modifikasi dan inovasi menjadi Kampung Baiman, ini dilakukan agar ada keterpaduan program, minimal dari lima SKPD,” ujarnya saat memberikan pengarahan, Jum’at (5/4/2019).

Ibnu menambahkan, KKB, KB dibentuk salah satunya untuk memusnahkan kekumuhan di Kota Seribu Sungai Ini. Kampung ini adalah keterpaduan antara program KB, program kesehatan, pendidikan dan adminitrasi kependudukan.

“Kalau sudah masuk kategori kawasan kumuh berarti tinggal menurunkan program, sehingga bukan hanya fisiknya saja yang lebih bagus, tetapi juga tentang pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Selain program kesehatan, pendidikan dan administrasi kependudukan, H Ibnu Sina juga menginginkan di Kampung KB, Kampung Baiman ada pengembangan program dari sektor pariwisata dan sektor wira usaha baru. “Kalau di kampung ini ada potensi pariwisata bisa ditonjolkan, misalkan disini ibu-ibu yang mempunyai keterampilan dalam membuat suvenirr asli buatan Belitung Selatan bisa dihidupkan, apalagi ikut program wira usaha baru Pemko Banjarmasin,” pungkasnya. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan