Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Usulkan Empat Peningkatan Pelayanan Peningkatan UMKM

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) bersama Bappenas Republik Indonesia yang dimediasi oleh Bappeda Prov Kalsel di kantor Bappenas di Jakarta.  

“Untuk Musrembangnas kali ini, kita mengusulkan ada empat poin untuk peningkatan pelayanan terkait dengan pembangunan di bidang koperasi di Banua Kalsel,” sebut Yanuar, Selasa (30/4/2024). 

Adapun empat poin dimaksud diantaranya, peningkatan sarana prasarana gedung pusat layanan usaha terpadu (PLUT), pembuatan studio multimedia, pengadaan mobil khusus pemasaran, dan pengembangan co-working space. 

Untuk bangunan PLUT kota Banjarbaru diusulkan untuk dilakukan revitalisasi, dengan perbaikan aula untuk kegiatan pelatihan dan pelayanan publik, tambahan bangunan tiga lantai dan beberapa ruangan dalam rangka peningkatan SDM dan digitalisasi.  

Sedangkan pembuatan studio multimedia, yakni dengan mendirikan studio multimedia untuk foto produk dan podcast guna mendukung promosi dan pemasaran produk UKM. Untuk pengadaan mobil khusus pemasaran diperuntukan menambahkan armada mobil khusus yang dirancang untuk kegiatan pemasaran UKM, dengan menggunakan karoseri khusus 

yang sesuai untuk kebutuhan promosi. 

Kemudian pengembangan co-working space, untuk menambahkan fasilitas, memperluas akses bagi pelaku usaha mikro dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman, sehingga meningkatkan kualitas dan produktivitas UKM di Kota Banjarbaru. 

Dari keempat poin tersebut, Yanuar berharap kiranya usulan dari Dinas Koperasi dan UKM Prov Kalsel dapat dipertimbangkan sebagai upaya pemantapan dan pengembangan sektor UKM di wilayah Kalsel. 

Selain Dinas Koperasi dan UKM, sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Kalsel juga hadir yang dampingi oleh Bappeda Prov Kalsel. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai