Diskominfo Siap Fasilitasi Pengumpulan Data Percepatan Penurunan Stunting di Kalsel Melalui Satu Data Banua

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel siap memfasilitasi pengumpulan data terkait dengan penurunan stunting.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, M Muslim diwakili Kepala Bidang Komunikasi Publik, Jajang Markoni mengatakan bahwa sampai saat ini data stunting masih belum ada dalam website Satu Data Banua.

“Selaku walidata kita siap memasukkan data stunting dalam Satu Data Banua, dengan harapan pihak terkait menyampaikan data data tersebut kepada Diskominfo,” kata Jajang, Banjarbaru, Jum’at (26/4/2024).

Jajang juga mengingatkan bahwa pihaknya juga siap memfasilitasi publikasi dan mengkampanyekan program penurunan stunting serta perubahan perilaku secara berkelanjutan melalui media yang dikelola.

“Sesuai tupoksinya, Diskominfo dapat memfasilitasi pengumpulan data dan penggunaan aplikasi dari pusat, serta melakukan kampanye perubahan perilaku secara berkelanjutan di berbagai media yang dikelola,” tuturnya.

Berdasarkan hasil SKI 2023, angka stunting di Kalsel naik sedikit menjadi 24,7 persen dikarenakan angka stunting di beberapa kabupaten mengalami kenaikan.

Hal tersebut disebabkan karena banyak faktor, yang paling berpengaruh yakni perilaku masyarakat. Perilaku untuk hidup bersih, hidup sehat, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi termasuk dalam hal sanitasi. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai