BMKG Prediksi Musim Kemarau 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Klimatologi (Staklim) Kelas I Kalimantan Selatan merilis Prediksi Musim Kemarau Tahun 2024 untuk wilayah Kalsel, melalui virtual dari kantor BMKG di Banjarbaru, Kamis (25/4/2024).

Kepala Staklim Kelas I Kalsel, Goeroeh Tjiptanto memaparkan empat poin utama pada kesempatan ini yakni ikhtisar klimatologi, review evaluasi musim hujan 2023/2024, prediksi musim kemarau 2024, dan rekomendasi.

“Sebelumnya dua hari yang lalu kita mengalami kondisi cuaca hujan artinya pertemuan ini jika berkaitan dengan musim kemarau sehingga belum terlambat untuk membahasnya,” terang Goeroeh Tjiptanto.

Ia menyebutkan, berkaitan dengan prediksi musim kemarau Tahun 2024 yang akan dihadapi, kemudian seperti yang dirasakan tentang kondisi iklim terutama  di Kalsel ini tidak terlepas dari banyak faktor.

Akan tetapi, setidaknya ada beberapa faktor-faktor seperti faktor lokal, faktor geonal, kemudian ada faktor global, ini disatukan sebagaimana yang sering muncul dan sangat mempengaruhi kondisi di Kalsel dan umumnya di Indonesia

“Faktor pengendali iklim  Indonesia juga terdiri dari monsun, sebagaimana kondisi Indonesia mengalami kondisi curah hujan yang cukup kering jika terjadi El Nino di wilayah Pasifik aktif, kemudian timbul yang pertama kalau musim kemarau selalu karena wilayah Indonesia dipengaruhi oleh monsun,” tambah Goeroeh.

Ia menyebutkan jika monsun Australia ini membawa pergerakan awan-awan karena angin dari wilayah Australia menuju ke wilayah Asia, dan biasanya ini aktif di Juni-Agustus, tetapi di Mei nanti itu sudah ada perubahan angin, biasanya dari barat, sekarang sedikit-sedikit dari tenggara ke timur, itu sudah mulai.

“Itu pertanda pertama kali monsun, monsun ini adalah yang sangat mempengaruhi kondisi musim di wilayah kita Kalsel, kemudian adanya suhu muka laut di wilayah Indonesia, ini berdasarkan jika suhu muka lautnya biasa saja atau dingin dari biasanya atau lebih panas,” lanjutnya.

Dijelaskan jika suhu muka laut lebih panas akan membawa dampak curah hujan atau air yang lebih banyak dan seterusnya, kalau yang terliha ini adalah netral atau dingin sehingga tidak banyak mempengaruhi.

Konferensi pers ini dihadiri oleh seluruh SKPD terkait di lingkup Pemprov Kalsel dan Pemkab/kota, TNI Polres (seluruh polres-polsek dan koramil), juga lembaga dan organisasi terkait.

“Sementara ringkasan prediksi musim kemarau 2024 di Kalsel masuk dengan tidak bersamaan, dari pertengahan Juni hingga awal Agustus, prediksi sifat musim kemarau ini normal hingga atas normal,”  ujar Goeroeh. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai