Gerakan Pangan Murah, Stabilisasi Harga Pasokan Pangan di Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman kantor Banjarbaru, Senin (1/4/2024).

GPM digelar untuk menstabilkan harga pasokan pangan menjelang hari keagamaan seperti Hari Raya Idulfitri 1445 H. Kegiatan ini merupakan keempat kalinya dilaksanakan dan mendapatkan jatah dari pusat sebanyak 12 kali kegiatan.

Plh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Imam Subarkah menyampaikan tujuan GPM ini, yakni membantu para masyarakat di Kalimantan Selatan, khususnya di kota Banjarbaru, dalam memperoleh harga pangan yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

“Kita menjual harga di bawah harga pasar hal ini semata-mata untuk membatu masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Imam.

Selain itu, pada hari yang sama kata Imam juga digelar bazar Ramadan di Dinas Kelautan dan Perikanan untuk membantu masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pangan yang lebih murah sekaligus mengurangi dampak inflasi.

Menurut Imam stok pangan di Kalsel masih tercukupi pada bulan ini. Berdasarkan perhitungan neraca strategis yang dilakukan pada minggu keempat bulan Maret. Ketersediaan beras mencapai 18 ribu ton dengan kebutuhan 8.000 ton dalam satu bulan.

“Hal ini menunjukkan bahwa ketersediaan beras di Kalsel masih cukup baik dan dapat memenuhi kebutuhan selama 2 bulan ke depan,” ujarnya.

Kemudian terkait cabai di beberapa provinsi mengalami inflasi. Namun di Kalsel jumlah ketersediaan cabai mencukupi dari beberapa hasil panen. Hal ini membuat harga cabai di Kalsel stabil.

“Oleh karena itu, komitmen petani untuk mengembalikan modal yang dikeluarkan dalam berusaha tani terkait cabai menjadi kunci suksesnya GPM dan menjadikan harga pangan semakin murah di Kalsel,” katanya.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah juga dirangkai dengan Bazar Ramadan yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel, Raudatul Jannah dan Kepala SKPD. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai