Atas Atensi Gubernur, BPBD Kalsel Luncurkan Inovasi Kreatif

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (BPBD Kalsel) mencetuskan sejumlah inovasi kreatif pada Tahun 2024, salah satunya membuka ruang informasi mitigasi bencana melalui pembentukan media podcast.

Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bambang Dedi Mulyadi, mengatakan sejumlah inovasi tersebut untuk membuka ruang informasi melalui pembentukan media podcast dan Taman Edukasi Bencana.

“Sangan penting memiliki sarana komunikasi mitigasi bencana yang bisa menyentuh hingga ke pelosok, salah satunya melalui pembentukan podcast,” terang Kepala BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah, Kamis (21/3/2024).

Karya inovasi ini terlahir berkat inspirasi, atensi dan motivasi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang menginginkan semua SKPD di jajaran Pemprov Kalsel melahirkan karya-karya kreatif untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskannya, ruang KIE BPBD Kalsel dilengkapi dengan berbagai fasilitas telekomunikasi seperti kamera, microphone dan sebagainya.

“KIE ini kita konsep seperti podcast, mudahan dalam pekan ini kita sudah mulai,” lanjutnya.

Selain ruang KIE, BPBD Kalsel juga berencana memanfaatkan lahan halaman mereka sebagai sarana edukasi penanggulangan bencana untuk masyarakat.

“Area halaman BPBD Kalsel kan cukup luas, kita ingin manfaatkan untuk dijadikan Taman Edukasi Bencana,” cetusnya.

Suria menerangkan, Taman Edukasi Bencana itu akan dirancang sebagai ruang publik (Public Sphere) yang bisa dimanfaatkan semua elemen masyarakat untuk meningkatkan kapasitas kebencanaan, baik dari kelompok anak-anak, remaja maupun dewasa.

“Kita akan lengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang diskusi terbuka yang didesain seperti cafe, peralatan penanggulangan bencana, dan area bermain anak,” ungkapnya.

Bahkan, taman edukasi bencana itu nantinya juga akan dilengkapi dengan live musik dari band yang seluruh personelnya merupakan pegawai dari BPBD Kalsel.

“Perlengkapan musik sudah tersedia, pemain musik juga sudah kita siapkan, nanti kita akan bawakan lagu tentang kebencanaan, pengunjung yang hadir juga bisa menyumbangkan lagunya,” tutup Suria. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai