Pemprov Kalsel Selenggarakan Rakortekrenbang 2024

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Provinsi Kalsel Tahun 2024 secara daring melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel, Bappeda Kabupaten/Kota, SKPD Kabupaten/Kota dan lembaga pemerintah non-kementerian.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur, menjelaskan bahwa pembangunan daerah merupakan salah satu bagian integral dari pembangunan nasional, yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi rakyat, kesempatan kerja, pelayanan publik, dan daya saing daerah.

“Oleh karena itu, sinkronisasi dan harmonisasi sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan daerah. Selarasnya prioritas perencanaan pembangunan daerah dengan prioritas perencanaan pembangunan nasional menjadi kunci penting dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah yang efektif,” kata Agus, Rabu (20/3/2024).

Menurutnya, Tahun 2025 merupakan pijakan dasar dalam menyusun perencanaan pembangunan jangka panjang daerah Kalsel. Seiring dengan itu, Rakortekrenbang Kalsel Tahun 2024 menjadi tahap awal dalam perencanaan pembangunan tahunan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan terjadi sinkronisasi dan harmonisasi target serta indikator urusan pemerintahan daerah antara nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025,” ujarnya.

Menyongsong Rakortekrenbang Kalsel Tahun 2024, Agus Dyan Nur juga menyampaikan enam arahan dari Menteri Dalam Negeri pada acara Rakortekbang Nasional yang dilaksanakan pada Februari 2024.

Adapun enam arahan itu adalah pertama perencanaan yang berintegritas dan memuliakan efisiensi, kedua pembangunan berorientasi hasil, ketiga meningkatkan PAD untuk kemandirian fiskal, keempat mewujudkan pemerintahan yang ramah investasi, kelima pendidikan dan kesehatan jalan menuju kesejahteraan, dan keenam pelayanan publik untuk mewujudkan keadilan.

Ia mengingatkan kepada seluruh peserta untuk benar-benar memperhatikan dan menyimak dinamika yang berkembang selama pertemuan ini, serta menyampaikan usul, saran, masukan bahkan gagasan-gagasan yang kiranya bisa melahirkan rencana pembangunan yang berkualitas.

“Diharapkan, melalui Rakortekrenbang Kalsel Tahun 2024, semua pihak bahu-membahu membangun Provinsi Kalimantan Selatan dengan sinkron dan harmonis, sehingga terwujudnya Indonesia Emas 2045 dapat tercapai,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai