RAT TB 2023 Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas, Muhriadi menghadiri pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku (RAT TB) Tahun 2023 koperasi konsumen syariah Arrahmah.

“Selamat dan sukses serta apresiasi tertinggi saya ucapkan atas terselenggaranya RAT koperasi Arrahmah ini, semoga kegiatan ini dapat memajukan koperasi dan dapat mensejahterakan para anggotanya,” ujar Muhriadi, Sabtu (09/03/2024).

Sebagai mitra pemerintah dalam memajukan perekonomian di Kalimantan Selatan, kegiatan RAT tentunya memberikan manfaat untuk keberlangsungan koperasi dan itu merupakan agenda yang sangat penting dan strategis.

Muhriadi menyampaikan, selain merupakan sebuah kewajiban dari koperasi, rapat anggota tahunan ini adalah momen yang tepat, untuk melihat kinerja dan mengevaluasi koperasi selama satu tahun.

“Apakah koperasi yang dikelola mengalami kemajuan atau justru sebaliknya, kemudian apa rencana atau program ke depan, dari RAT inilah sesungguhnya kita bisa memulai langkah yang lebih baik, lebih maju, dan lebih bermutu,” lanjutnya.

Koperasi konsumen syariah Arrahmah, salah satu koperasi modern yang berdiri di Kalsel, dan telah menerima sertifikat peringkat koperasi oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dengan Klasifikasi Kualitas: SANGAT BERKUALITAS (AAA) dengan nilai 1246,75 (standard > 1200), pada Senin, 7 Februari 2022.

Disampaikan pula jumlah koperasi di Kalsel per Januari 2024 sebanyak 3.014 koperasi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Kalsel.

Adapun koperasi yang merupakan binaan provinsi sebanyak 180 koperasi, yang aktif sebanyak 144 koperasi dan yang tidak aktif sebanyak 36 koperasi.

Berdasarkan kebijakan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Presiden RI sampai dengan tahun 2024 menargetkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 30 juta dan koperasi modern sebanyak 500 koperasi.

“Tentunya ini menjadi tantangan dan harapan kita ke depan, tahun 2022 Kalsel telah menyumbang sebanyak 2 koperasi modern, tahun 2023 sebanyak 2 koperasi sedangkan tahun 2024 direncanakan sebanyak 8 calon koperasi modern yang nantinya akan di-SK-kan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai