Rangkaian HPSN 2024, DLH Kalsel Ikuti Aksi Bersih Negeri Serentak

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, dilaksanakan Aksi Bersih Negeri serentak di seluruh Provinsi pada 8 Maret 2024 yang dipimpin langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara tele conference.

Aksi Bersih Negeri di Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan di Kawasan Perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan dengan dipimpin oleh Penasehat Senior Menteri Bidang Koridorisasi LHK dalam Konteks Nawacita, Chalid Muhammad, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, Adi Santoso dan Kepala DLH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana.

Dalam kesempatan tersebut, Adi menyampaikan bahwa HPSN menjadi momen untuk merefleksikan kepedulian terhadap lingkungan. Lingkungan yang asri dan bebas sampah harus diwujudkan dengan kerjasama dan gotong royong antara semua kelompok masyarakat.

“Sampah selalu menjadi masalah lingkungan, yang harus kita tanggulangi bersama. Mulai dari membangun kesadaran diri sendiri untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya, hingga mengajak orang-orang sekitar untuk menerapkan kebiasaan yang sama,” kata Adi, Banjarbaru, Jumat (8/3/2024).

Di tingkat kebijakan, pengelolaan sampah dilakukan dari hulu ke hilir secara berkelanjutan, dengan melibatkan masyarakat dan komunitas lingkungan. Menurut Adi adapun yang dilakukan hari ini, bertujuan menggerakkan semangat kecintaan terhadap lingkungan.

“Melalui aksi bersih-bersih, kita membentuk kebiasaan baik untuk merawat alam, saling bergotong-royong dalam menyingkirkan sampah-sampah yang menodai kawasan sekitar kita,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DLH Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan kegiatan aksi bersih dilaksanakan pada 14 titik lokasi yang tersebar di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Aksi bersih diikuti oleh sekitar 250 orang yaitu peserta dari SKPD Provinsi Kalsel, UPT KLHK di Kalsel, pegiat kebersihan lingkungan Kota Banjarbaru dan peserta Green Leadership Indonesia,” kata Hanifah .

Adapun sampah yang dikumpulkan selanjutnya dipilah sesuai jenisnya dengan total sampah sebanyak 271,78 kilogram. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai