Tahun 2024, Pemprov Kalsel Akan Selenggarakan Job Fair

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2024 akan kembali menyelenggarakan Job Fair sebagai bentuk fasilitasi para pencari kerja di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti bahwa di tahun ini pihaknya akan membuka ribuan lapangan pekerjaan dari berbagai sektor.

“Diperkirakan akan kami gelar pada pertengahan tahun setelah hari raya idulfitri,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (5/3/2024).

Ia menerangkan dari data Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan tahun 2023, bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,31% mengalami penurunan 0,43% dari tahun 2022, kemudian Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 69,76%, ini mengalami peningkatan 2,21% dari tahun 2022. Kemudian untuk jumlah pengangguran juga mengalami penuruan sebanyak 10.449 orang dari tahun 2022.

Irfan mengatakan dengan pelaksanaan Job Fair 2024 nantinya menjadi salau satu langkah strategis Pemerintah dalam menekan angka pengangguran di Kalsel dan menumbuhkan sektor ketenagakerjaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Indah Fajarwati menambahkan untuk tahun ini pihaknya juga menyediakan lowongan pekerjaan untuk para disabilitas.

“Karena sesuai dengan undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 peran perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1% penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai