Pemprov Kalsel Berikan Pelatihan bagi Wirausaha Pemula

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai memberikan motivasi kepada 60 peserta Pelatihan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula dan Pelatihan Manajemen Pemasaran bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Balai Pelatihan Koperasi Kalsel di Banjarbaru.

“Harapan kita untuk wirausaha pemula ini bisa naik kelas, agar dapat membuat kemasan yang bagus, mendirikan perizinannya, sebab legalitas itu harus ada,” sebut Gusti Yanuar usai membuka kedua pelatihan tersebut, Selasa (5/3/2024).

Ia juga mengharapkan kepada peserta pelatihan manajemen wirausahawan ini dapat membuat strategi pemasaran, inovasi kemudian juga mampu melakukan penjualan produksi di online.

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 5-8 Maret 2024, diikuti oleh wirausaha dari berbagai kabupaten/kota se-Kalsel, adapun pengisi materi yakni dari Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Pegiat UMKM, dan Widyaiswara.

“Dari narasumber yang kita sediakan pada pelatihan ini, diharapkan pula wirausaha kita ada yang naik kelas,” lanjut Gusti Yanuar.

Ia mengatakan, kalau pun misalnya ada yang sudah bisa naik kelas maka akan dibantu untuk membawa ke tingkat nasional atau internasional melalui koperasi yang ada.
Peningkatan dimaksud yakni para wirausaha Banua yang pemula ini dapat bersaing di e-commerce, bisa menjual produk yang ada di Kalsel secara nasional maupun internasional.

“Tentunya pula kita berharap mereka bisa berinovasi untuk meningkatkan kualitas, manajemen UMKM nya sehingga bisa bersaing di nasional bahkan internasional,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai