15 Pasangan Muda Ikuti Seleksi Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Kalsel

Sebanyak 15 pasangan muda dari 11 Kabupaten dan Kota Se Kalimantan Selatan mengikuti seleksi pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024 di Banjarmasin. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan selama tiga hari mulai tanggal 4-6 Maret 2024. 

Dalam sambutan Sekretaris Dispora Kalsel Fathul Bari mengatakan pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi adalah bentuk apresiasi Pemerintah Daerah dan penghargaan kepada pasangan muda yang memiliki kehidupan keluarga kecil yang bahagia, sejahtera dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. 

“Para pasangan muda harus mampu mengembangkan kepemimpinan, meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan dalam mengatasi permasalahan, menanamkan kesadaran akan tugas dan tanggungjawab sebagai calon pemimpin di masa depan,” kata Fathul Bari, Selasa (5/3/2024). 

Menurutnya, pemilihan pasangan muda inspiratif ini bisa menjadi ajang pembinaan, bagi pasangan muda yang nanti bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi pasangan muda lainnya.

“Ini juga sebagai pembinaan untuk pasangan muda agar kedepannya dapat memberikan kontribusi dalam kemajuan kalsel,” ujarnya. 

Selain itu, pasangan muda juga berperan sebagai agen perubahan yang artinya dapat meningkatkan ekonomi keluarga, pendidikan anak-anaknya serta perannya pada lingkungan sekitar. 

Sementara itu, Ketua Panitia Denny Saputera menyampaikan kegiatan pemilihan pasangan muda inspiratif tahun ini antusias para peserta sangat luar biasa dibandingkan pada tahun sebelumnya. Setidaknya ada 15 pasangan muda yang mengikuti dari 11 kabupaten/kota. Namun, ada dua kabupaten yang tidak mengikuti yaitu Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Tahun ini yang mengikuti lebih banyak dan perekrutan peserta agak sulit terkendala umur. Pertimbangannya adalah undang-undang tentang kepemudaan hanya memperbolehkan usia peserta dalam rentang 16 sampai 30 tahun,” kata Deny.

Selain dari faktor usia, pasangan-pasangan muda yang terpilih ini mereka memiliki kegiatan atau aktivitas yang inspiratif dan bernilai positif bagi masyarakat sekitar. 

“Mereka dianggap sebagai pasangan inspiratif yang patut diacungi jempol. Kegiatan Pasangan Inspiratif bukan hanya sekedar ajang bergengsi untuk memamerkan ketangkasan fisik semata. Namun mengevaluasi keharmonisan rumah tangga peserta dalam berbagai ujian wawasan rumah tangga,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, tidak hanya peserta yang merasa terinspirasi, namun juga masyarakat sekitar yang secara tidak langsung turut termotivasi untuk mengembangkan diri dalam hal keharmonisan keluarga. 

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, semakin banyak pasangan inspiratif yang bisa turut serta dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai