Pelatihan Dasar Manajemen Bencana, Tumbuhkan Kesadaran ASN dalam Penanganan Bencana di Kalsel

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar penyelenggaraan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana. Kegiatan pelatihan dasar ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kemauan dari para ASN untuk terlibat secara aktif dalam penanganan bencana di wilayah Kalsel, Banjarbaru, Senin (26/02/2024).

Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel, Mujiyat diwakili Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis, Zainal Abidin mengatakan, kemampuan dalam menyusun manajemen bencana yang akurat dan tepat menjadi suatu keharusan. Kesiapan SDM, peralatan, dan logistik bantuan korban bencana harus tersedia secara memadai.

“Di tiap daerah atau wilayah, berbagai macam bencana mengancam kehidupan masyarakat, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi dan lain-lain,” kata Zainal.

Kegiatan diikuti 30 orang yang berasal Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel yang berlangsung lima hari.

Zainal menyebut, saat ini di wilayah Kalsel bencana banjir, kebakaran hutan dan lahan hampir terjadi setiap tahun, bahkan terkadang juga terjadi tanah longsor dan angin puting beliung yang mengejutkan. Beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Barito Kuala dan Tapin, justru terjadi gempa bumi, yang tidak pernah disangka sebelumnya.

“Karena ancaman bencana selalu ada dan kapan saja bisa terjadi, maka kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana tidak boleh lengah atau lalai. Setiap potensi bencana harus kita petakan dari awal, sehingga kita bisa meminimalkan kerugian yang ditimbulkan oleh bencana,” ujar Zainal.

Dengan pelatihan dasar ini, Zainal berharap kiranya terbentuk kompetensi SDM penanganan bencana yang handal dan memahami kebencanaan dengan baik. Peserta diharapkan mampu menjadi motor penggerak dalam melibatkan diri untuk penanganan bencana di Kalsel, termasuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terhadap ASN di lingkungan kerjanya masing masing.

“Peserta yang memenuhi ketentuan dalam pelatihan akan diberikan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) dari BPSDMD Provinsi Kalsel,” singkat Zainal. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai