Pemprov Kalsel Harapkan Anggota ASPEKINDO Berperan Aktif Dalam Pembangunan Infrastruktur di Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengharapkan anggota ASPEKINDO dapat berperan aktif dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Kalimantan Selatan. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili oleh Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desira pada kegiatan Musyawarah Provinsi IV Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia (ASPEKINDO) Kalimantan Selatan Tahun 2024 di Bajarmasin, Senin (19/2/2024). 

Ia menekankan pentingnya organisasi ASPEKINDO untuk menjadi lebih baik, lebih kompak, dan lebih solid demi mewujudkan eksistensi organisasi serta berkontribusi terhadap pembangunan di Kalimantan Selatan.

“Diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu pembangunan infrastruktur di banua,” kata Fajar.

Menurutnya salah satu pilar pembangunan ekonomi nasional dan daerah adalah pembangunan infrastruktur yang terkait erat dengan konstruksi. Oleh karena itu, target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan pemerintah dapat terlaksana bila didukung oleh struktur usaha yang kokoh. 

Untuk mewujudkan struktur usaha yang kokoh, dibutuhkan adanya iklim usaha yang sehat dan dilakukan berdasarkan hubungan complementer antara pengguna jasa dan penyedia jasa, pemerintah dan swasta secara transparan, jujur, dan adil.

“Kita menyadari bahwa perkembangan jasa konstruksi memberikan kontribusi yang tidak kecil bagi perekonomian Kalimantan Selatan. Kokohnya berbagai bangunan yang menjadi bagian kawasan perkotaan, kawasan perkantoran, perumahan, dan lainnya tidak lepas dari peran pengusaha konstruksi,” ujarnya. 

Ia menegaskan bahwa pengusaha konstruksi di Kalsel harus siap bersaing dengan pengusaha konstruksi dari daerah lain bahkan dari negara lain, karena sekarang ini adalah masa keterbukaan dan global, persaingan sangat ditentukan oleh mutu, kualitas, dan keahlian yang dimiliki. 

“Namun, jika kita memiliki kemampuan dan berdaya saing, maka kita akan tetap eksis dengan profesi yang kita tekuni. Sebaliknya, jika mutu kita rendah, maka kita harus bersiap-siap maenad penonton di kampung halaman sendiri,” katana.

Sementara itu, Wakil Ketua ASPEKINDO Kalsel, Ferdy Perdana menyampaikan Musprov ini bertujuan untuk menyampaikan program kegiatan ASPEKINDO dalam mendukung pembangunan infrastruktur di wilayah kalsel.

“Untuk itu, kita jajaran ASPEKINDO harus ikut berperan aktif dalam proyek-proyek strategi. Marilah kita bersama-sama bekerja keras untuk memajukan ASPEKINDO agar mampu memberikan kontribusi dalam mempercepat pembangunan di Kalsel,” kata Ferdy. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai