Pemprov Kalsel Apresiasi Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2023

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapreasiasi terlaksananya Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2023 yang mana telah menyelesaikan proses penyelenggaraan belajar mengajar Pendidikan Pertama Bintara TNI AD mulai 12 September 2023 s.d 29 Januari 2024, dikuti oleh 46 siswa, Banjarbaru, Senin (29/1/2024).

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyampaikan, proses belajar mengajar dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama merupakan tahap pembekalan pendidikan dasar keprajuritan dan tahap kedua merupakan tahap pembekalan pendidikan dasar golongan.

“Untuk mendukung proses belajar mengajar tersebut dilakukan bimbingan dan pengasuhan agar dapat memantapkan sikap dan perilaku peserta didik sebagai Prajurit TNI AD yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, memantapkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih ditekankan kepada upaya mendukung pelaksanaan tugas dan memantapkan postur tubuh, kesegaran dan ketangkasan Jasmani,” kata Budi.

Oleh karena itu, Budi mengharapkan, setelah selesainya pendidikan ini agar para Bintara Remaja memiliki kemampuan menghayati dan mengimplementasikan integritas kepribadian sebagai seorang Bintara, mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan militer umum, teknik dan taktik militer, intelijen, hukum, teritorial serta memiliki kemampuan untuk memelihara kondisi jasmani yang samapta.

“Saya ingin mengingatkan, bahwa sebagai seorang Prajurit baru haruslah segera menyesuaikan diri dalam kehidupan di tengah masyarakat dan lingkungan masing-masing. Jaga penampilan, hindari perilaku dan tindakan yang tidak terpuji. Jauhkan sikap sombong dan tampilkan keteladanan baik dalam cap, sikap maupun tindakan yang positif, serta selalu memberikan rasa nyaman bag masyarakat dimanapun kalian berada dan bertugas,” ujar Budi.

Selanjutnya, para Bintara Remaja TNI AD, akan segera mengikuti pendidikan kejuruan Bintara sesuai kecabangan masing-masing. Peserta diharapkan menyiapkan fisik dan mental serta kesehatan guna menuntut ilmu pengetahuan baik teori maupun praktek sesuai pendidikan kecabangan kalian masing-masing sebagai bekal dalam menghadapi tugas nantinya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai