GERMARIKAN Tingkatkan Kualitas Anak Bangsa

Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani bersama ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Ririen Nadjmi Adhani mencotohkan cara cuci tangan yang benar dihadapan 310 siswa di halaman SDN 3 Palam, Banjarbaru, Senin (11/11/2019). MC Kalsel/Jml

Ikan memiliki segudang manfaat bila dikonsumsi secara rutin, selain itu ikan juga merupakan sumber protein yang cukup tinggi.

Menilik hal tersebut, dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019, Pemerintah Kota Banjarbaru mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda untuk rutin mengkonsumsi ikan.

Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani mengatakan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GERMARIKAN), Pemkot Banjarbaru berupaya menciptakan generasi yang berkualitas.

“GERMARIKAN merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas anak-anak kita, dengan harapan kedepannya mereka mampu meningkatkan daya saing bangsa ini,” kata Nadjmi pada sosialisasi GERMARIKAN dan Cuci Tangan Sedunia di SDN 3 Palam, Banjarbaru, Senin (11/11/2019).

Selain mensosialisasikan GERMARIKAN kepada siswa SDN 3 Palam Banjarbaru, Nadjmi juga mengajak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

“Semoga GERMARIKAN dan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas ini bisa menjadi pola hidup mereka. Kepada orang tua, saya minta agar menyediakan ikan kepada anak-anak sesuai dengan kemampuan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, Siti Hamdah menjelaskan GERMARIKAN dan Gerakan Cuci Tangan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru.

Gerakan Cuci Tangan merupakan langkah untuk menurunkan angka kematian, pencegahan penyakit, dan penyebaran infeksi yang berdampak menurunkan kualitas hidup manusia.

“Membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun berarti turut mengajarkan anak-anak untuk hidup sehat sejak dini,” katanya.

Sedangkan GERMARIKAN lanjut Siti, merupakan langkah untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini.

“Karena banyaknya kandungan gizi pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak, ikan juga merupakan bahan pangan yang mengandung protein berkualitas,” ujar Siti.

GERMARIKAN dan Gerakan Cuci Tangan diikuti sebanyak 310 siswa dari SDN 3 Palam,  TK Nurul Hikmah, SDN 1 Palam, SDN 2 Palam, dan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah.

Pada kesempatan itu pula, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dan Dinkes Kota Banjarbaru membagikan ratusan kotak makan dan tumbler kepada peserta sebagai langkah untuk mengurangi sampah plastik. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan