Komitmen Serius Menangani Penyandang Disabilitas, PRSPD Iskaya Banaran Kembali Gelar Program Rehabilitasi Sosial

Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Iskaya Banaran Dinas Sosial Provinsi Kalsel resmi membuka program rehabilitasi sosial klien angkatan IV tahun 2024.

Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Muhammadun diwakili oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Selamat Riadi mengatakan, program tersebut merupakan bentuk komitmen Pemprov Kalsel dalam upaya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai dengan Permensos No 9 tahun 2018 tentang standar teknis pelayanan dasar pada SPM bidang sosial di daerah Provinsi dan di daerah Kabupaten/Kota.

“Melalui kegiatan ini, Pemprov Kalsel menunjukkan komitmen serius dalam menangani penyandang disabilitas, khususnya dalam upaya penghormatan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” kata Selamat, Banjarbaru, Selasa (9/1/2024).

Dikatakan Selamat melalui kegiatan ini pula, tertanam tekad yang kuat dari Dinsos Provinsi Kalsel untuk terus berupaya mendorong Dinsos Kabupaten/Kota maupun lembaga/instansi terkait di Kalsel agar dapat mempunyai pemahaman yang sama dalam memberikan proses pelayanan serta rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas.

“Rangkaian program rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas di PRSPD Iskaya Banaran angkatan IV akan dilaksanakan selama kurang lebih enam (6) bulan, dari Januari hingga Juni 2024. Kami meyakini bahwa akan banyak terjadi dinamika dan cerita maupun permasalahan dalam setiap kesehariannya,” ucap Selamat.

Dirinya pun berpesan kepada para petugas panti, agar tetap fokus dan konsisten dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi klien, selama dibawah tanggung jawab panti dan para instruktur juga harus mengerahkan segenap usaha terbaiknya guna memberikan bimbingan sosial dan bekal ilmu pengetahuan serta bekal keterampilan yang akan mereka bawa dalam kehidupan bermasyarakat nantinya.

“Dan para orang tua klien, harus terus memberikan motivasi dan doa tulus, guna keberhasilan anak-anak menimba ilmu dan pengalaman di panti tercinta ini. Semua ini pada akhirnya akan mengerucut pada satu tujuan, yakni mewujudkan penyandang disabilitas yang bermartabat dan mandiri di tengah masyarakat,” harap Selamat.

Kepala Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Iskaya Banaran Sacik Kartikowati menyebutkan jumlah klien untuk angkatan IV tahun 2024 kali ini sebanyak 20 orang yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Kota Banjarbaru 4 orang, Kab Tala 3 orang, Kab Batola 1 orang, Kab HSS 2 orang, Kab HSU 1 orang, Kab Tapin 1 orang, Kab Banjar 2 orang, Kab Tabalong 2 orang, Kab HST 1 orang, Kab Balangan 2 orang, Kota Banjarmasin 1 orang,” kata Sacik.

Untuk jenis disabilitas sendiri terdiri dari sensorik rungu wicara 8 orang, intelektual 11 orang, dan mental 1 orang dengan jenis keterampilan bengkel 7 orang, komputer 5 orang, tata busana 3 orang, dan tata boga 5 orang. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai