Dispersip Kalsel Terus Lakukan Pembenahan dan Penambahan Sarana Prasarana Perpustakaan

Guna menunjang kenyamanan pengunjung, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel terus melakukan pembenahan dan penambahan sarana prasarana perpustakaan.

Salah satunya yakni dengan merenovasi ruang perpustakaan umum dan aula yang sempat lapuk termakan usia.

Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, untuk perpustakaan umum pihaknya melakukan renovasi pada bagian plafon yang sudah lapuk karena rembesan air hujan.

Apalagi bangunan perpustakaan umum tersebut merupakan bangunan lama dengan bentuk bubungan tinggi, sehingga bila hujan lebat, air bisa merembes ke dalam hingga merusak plafon.

“Kita sudah ganti plafon yang berada di atas rak buku layanan umum di samping kiri dan kanan dengan bahan bangunan PVC. Alhamdulillah, plafon bagian atas terlihat indah dan cantik,” kata Nurliani, Banjarmasin, Jum’at (5/1/2024).

Lebih jauh, Nurliani menjelaskan, pihaknya juga secara bertahap melakukan perbaikan di ruang perpustakaan dan ruang deposit, bahkan memperbaiki pembatas dinding di ruang aula, yang sebelumnya rusak akibat terendam air pada saat banjir besar 2021 lalu.

“Banjir memasuki aula ini hingga ketinggian sekitar 40 sentimeter, sampai merusak pembatas dinding,” ujar Nurliani.

Ia pun berharap, renovasi yang dilakukan bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Kami juga akan terus berbenah diri, memberikan pelayanan yang terbaik dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi,” pungkasnya.

Kenyamanan perpustakaan ini juga telah banyak diakui para pemustaka, yang sering bersantai sambil belajar di perpustakaan umum, di Jalan A. Yani Kilometer 6 Banjarmasin.

“Bila ada tugas di kampus dan waktu senggang, saya menyempatkan diri ke Perpustakaan Palnam. Suasana di perpustakaan ini sangat nyaman, tenang, dan bersih,” ungkap Miftahul.

Ditambahkan mahasiswi semester pertama Prodi Pendidikan Madrasah Ibtidaiah UIN Antasari ini, buku-buku di Perpustakaan Palnam tertata rapi dan mudah dicari.

“Saya juga melihat plafon di samping kiri dan kanan masih baru, sehingga menambah ‘kemegahan’ ruang perpustakaan di sini,” pungkas Miftahul. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai