Gubernur Kalsel Gelorakan Revolusi Hijau di Gunung Pamaton

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (tiga kanan) menyiram pohon pada Penanaman Pohon Serentak, di Gunung Pamaton Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Kabupaten Banjar, Sabtu (30/12/2023). MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor terus menggelorakan gerakan revolusi hijau, yaitu menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu nantinya.

Kali ini penanaman 7.500 bibit pohon dilakukan di area Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai yang didukung oleh PT Adaro Indonesia selaku Pemegang Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (PPKH) dengan diikuti lebih 2.000 peserta terdiri dari seluruh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Unit Palaksana Teknis (UPT) lingkup Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel, UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Gunung Pamaton Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Kabupaten Banjar, Sabtu (30/12/2023).

Sahbirin mengatakan, penanaman pohon ini bukan hanya penghijauan semata tetapi juga membangun kembali ekosistem hutan yang mulai berkurang.

“Mari kita bersama-sama gelorakan gerakan revolusi hijau secara berkelanjutan dan terus tanamkan kesadaran bahwa setiap batang pohon yang ditanam adalah wujud kepedulian terhadap lingkungan,” ungkap Sahbirin.

Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol Nurofiq menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini serentak seluruh Indonesia yang di inisiasi oleh Kementerian LHK dan Kalsel mendapat predikat peserta terbanyak penanaman serentak.

“Kami juga bersamaan dengan penanaman menyerahkan Petikan Keputusan Menteri LHK tentang Penetapan Green Ambassador kepada 1.994 pelajar dari 1.068 sekolah di seluruh Indonesia,” tutur Hanif

Sementara itu, Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra menyampaikan, penanaman pohon ini sebagai salah satu upaya untuk memacu semangat kembali para pemegang PPKH untuk kembali menggiatkan rehabilitasi di Kalsel.

“Maka dari itu, rehabilitasi DAS merupakan area terbesar rehabilitasi hutan di Provinsi Kalsel sesuai dengan Revolusi Hijau oleh Gubernur Kalsel,” kata Fathimatuzzahra.

Diketahui, usai Penanaman Pohon dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama atau Deklarasi Pamaton oleh Para Pemegang Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan antara Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dengan Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol Nurofiq sebagai titik awal komitmen nyata bagi percepatan pemenuhan kewajiban rehabilitasi DAS oleh para pemegang PPKH di Kalsel dalam mendukung gerakan revolusi hijau. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai