Menuju UGG, Dispar Kalsel Sosialisasikan Pengembangan Sadar Wisata bagi Masyarakat Sekitar Museum Lambung Mangkurat

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel terus menggencarkan Sosialisasi Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Wisata disekitar Geosite Geopark Meratus.

Hal ini sebagai salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam rangka menyambut penilaian Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) yang direncanakan dilaksanakan pada Februari 2024 mendatang.

Kegiatan kali inipun menyasar 30 peserta dari masyarakat sekitar Museum Lambung Mangkurat Kota Banjarbaru.

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, M Syarifuddin diwakili Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Mugeni menyebutkan, melalui sosialisasi tersebut pihaknya ingin meningkatkan pemahaman masyarakat yang ada di sekitar geosite tentang apa itu Geopark dan bagaimana memanfaatkan keberadaan Geopark tersebut.

“Kami juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut menjaga dan melestarikan alam dan budaya yang ada disekitar Geopark tersebut,” kata Mugeni, usai membuka kegiatan tersebut di Aula Museum Lambung Mangkurat di Banjarbaru

Mugeni menambahkan, peran serta masyarakat dan Pokdarwis ini sangatlah penting agar Geopark Meratus bisa diakui sebagai UGG, mengingat geopark sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang berbasis masyarakat.

Lebih jauh Mugeni mengatakan dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap Geopark Meratus dan UGG, diharapkan dapat meningkatkan pula persentase Geopark Meratus masuk dalam jajaran UGG.

“Semoga dalam penilaian yang dilakukan oleh UNESCO tahun depan Geopark Meratus mendapatkan hasil yang baik dan bisa masuk dalam jajaran UNESCO Global Geopark,” tuturnya.

Sementara itu, Najib salah seorang peserta kegiatan tersebut mengapresiasi atas dilaksanakannya Sosialisasi yang diinisiasi oleh Dispar Provinsi Kalsel yang bekerjasama dengan Badan Pengelola Geopark Meratus tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu pihaknya untuk lebih memahami Geopark, dan bagaimana melestarikan dan memanfaatkan keberadaan Geopark tersebut.

“Kegiatan ini Sangat bagus sekali, melalui kegiatan ini kami jadi lebih memahami apa itu geopark, dan besarnya manfaat geopark bagi masyarakat,” tuturnya.

Dia pun mengaku siap untuk mendukung mensukseskan penilaian Geopark Meratus oleh tim UNESCO, dan berharap Geopark Meratus bisa lolos dan maju menjadi UGG.

“Semoga Geopark Meratus bisa maju dan diangkat menjadi UNESCO Global Geopark, sehingga Geopark Meratus bisa lebih dikembangkan lagi. Kami pun siap mendukung untuk mensukseskan penilaiannya,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai