Kunjungi Bpost, Mahasiswa UNISKA Prodi Ilkom Pelajari Menyunting Berita

51 mahasiswa Program Ilmu Komunikasi, berfoto bersama saat melakukan kunjungan ke Banjarmasin Post ( Bpost ) di Banjarmasin. Dok

Sebanyak 51 mahasiswa Program Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial & Politik UNISKA MAB melakukan kunjungan ke Banjarmasin Post ( Bpost ) di Banjarmasin.

Kunjungan ini dalam rangka memberikan edukasi kepada mahasiswa agar memperhatikan etika dan tata cara menyunting berita dengan baik dan benar.

Manager Produksi Bpost, Hari Tri Widodo menyatakan bahwa proses sebuah penulisan berita harus benar-benar diperhatikan, dan tahap yang paling utama ialah mencari data tentang berita yang akan disampaikan agar dapat memperkuat keakuratan berita.

“Dalam menulis sebuah berita ada 3 proses yang perlu diperhatikan, yaitu collecting data, proccessing, dan publishing,“ ujarnya, di Banjarmasin, Selasa (5/12/2023).

Pada saat penyampaian materi, Hari Tri Widodo berharap mahasiswa bisa langsung mempraktekkannya.

“Harapannya apa yang diterima, dan bisa langsung dipraktekkan, tidak hanya dalam bentuk wujud menjadi seorang jurnalis, tapi bisa diaplikasikan di media kampus ataupun media sosial,” harapnya.

Sementara itu dosen pengampu yang mendampingi, Gina Liliana mengharapkan mahasiswanya dapat menggali ilmu lebih dalam lagi.

“Tujuan kunjungan kita ke Bpost adalah untuk menggali ilmu lebih dalam lagi tentang cara penulisan dan penyuntingan sebuah berita sebelum layak tayang/cetak/terbit,” tuturnya.

Dari semua materi yang didapatkan, Gina juga berharap agar mahasiswanya dapat membuat berita yang nyaman untuk dibaca.

“Diharapkan dengan adanya bekal ilmu yang lebih banyak, tentunya akan menambah pengetahuan untuk para mahasiswa, tentang bagaimana membuat sebuah berita yang baik dan nyaman untuk dibaca,” pungkasnya. Adinda. MC Kalsel/ARH

Mungkin Anda Menyukai