Peringati Hari Bakti PU ke 78, Ratusan Peserta Ikuti Event Kejuaraan Balap Sepeda

Ratusan peserta dari berbagai daerah mengikuti event Kejuaraan balap sepeda dalam rangka memperingati Hari Bakti (HARBAK) PU ke 78 tahun di depan Kantor PUPR Kalsel, Banjarbaru.

Pengibaran bendera start langsung dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor didampingi Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan dan pejabat lainnya. 

Sahbirin Noor meapresiasi terhadap penyelenggaraan kejuaraan ini sebagai wujud peringatan hari bersejarah bagi insan PUPR.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi atas digelarnya Kejuaraan Balap Sepeda, yang diselenggarakan oleh Dinas PUPR Provinsi Kalsel, untuk memperingati Hari Bakti PU ke-78 tahun 2023,” kata Gubernur Kalsel, Sabtu (2/12/2023).

Ia berharap kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang olahraga atau balap sepeda biasa, melainkan juga dapat memupuk semangat persatuan dan kebersamaan.

“Dengan digelarnya kejuaraan balap sepeda, saya mengharapkan bukan sekedar event olahraga atau balap sepeda, tetapi juga dapat memupuk semangat persatuan dan kebersamaan,” ungkapnya.

Selain itu, kejuaraan ini juga dapat menjadi platform untuk memperkenalkan keindahan dan daya tarik Banua, baik dari segi pariwisata maupun olahraga.

“Saya harapkan, kejuaraa ini dapat menjadi ajang memperkenalkan keindahan alam Kalsel,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada para peserta agar bertanding dengan semangat sportivitas tinggi. 

“Ini sangat penting sekali menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan keselamatan bersama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan menyampaikan event balap sepeda ini menempuh jalur sepanjang 78 km, dengan rincian, flying start sejauh 35 kilometer dan road race sepanjang 43 kilometer.

“Rute balapan ini melibatkan beragam landmark dan tempat ikonik di sepanjang kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah laut hingga Kabupaten Banjar. Mulai dari Mesjid Agung Al Munawaroh, Amanah Borneo Park, Bentok Darat, Kiram Park, Kiram Atas, Alaska Park, Alam Roh 20, TPA Banjar Bakula, Gunung Kupang, hingga finish kembali di kantor Dinas PUPR Kalsel,” kata Solhan. 

Adapun kategori yang dipertadingkan dibagi menjadi 4 kelas yaitu Men U-19 Lokal, Men Elit usia 19 sampai dengan 30 tahun semua peserta luar Kalsel, Men Open Lokal dan luar peserta umur 31 tahun ke atas dan Women open lokal dan luar semua umur. Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp200 juta. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai