Pemprov Kalsel Akan Gelar Lomba Balap Jukung Tradisional di Kabupaten HSS

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono saat di ruang kerjanya di Banjarmasjn, Jumat (24/11/2023). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel akan menggelar Lomba Balap Jukung Tradisional di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada 26 November 2023.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono mengatakan kegiatan ini berkolaborasi dengan komunitas jukung tradisonal di Kabupaten HSS, dalam rangka untuk memberdayakan olahraga balap jukung tradisional di Kalsel terlebih masyarakat pesisir sungai.

“Tujuan lomba untuk menghidupkan budaya sungai yang melekat di masyarakat Kalsel agar tidak tenggelam oleh arus modernisasi,” kata Budiono mewakili Kadispora Kalsel, Jumat (24/11/2023).

Ia menambahkan, sampai saat ini peserta yang sudah mendaftar sebanyak 30 tim. Bahkan peserta cukup banyak yang ingin mengikuti kegiatan ini.

“Jadi antusias masyarakat pesisir sungai sangat luar biasa untuk mengikuti ajang lomba balap jukung. Apalagi balap jukung tradisonal dapat mendukung pariwisata khususnya di objek wisata sungai,” ujarnya.

Adapun total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp50 juta. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai