APE 2023, Pemprov Kalsel Apresiasi Terlaksananya Verifikasi Lapangan Pengarustamaan Gender

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) mengapresiasi terlaksananya Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender melalui Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023, Banjarbaru, Sabtu (11/11/2023).

APE merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Kementrian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah atas keberhasilan dan prakarsa dalam pencapaian Pembangunan Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Pusat dan Daerah

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Kepala Bappeda Kalsel, Ariadi Noor mengatakan, Pemprov Kalsel terus berkomitmen terhadap pengarusutamaan gender di Kalsel.

Ariadi menyebutkan, sampai saat ini perencanaan dan penganggaran yang responsif gender telah menjadi kewajiban bagi setiap SKPD yang memiliki program kerja yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Regulasi terkait pengarusutamaan gender sendiri sudah diatur dalam Perda Kalsel Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang dipertegas kembali pada beberapa peraturan pelaksana teknis lainnya,” katanya.

Sehingga, Pemprov Kalsel terus berupaya meningkatkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan di berbagai bidang pembangunan daerah. karena bagaimanapun, kesetaraan gender merupakan inti dari percepatan pembangunan.

“Melalui verifikasi lapangan ini, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi kami terkait sejauh mana kebijakan, program dan anggaran instansi telah responsif gender dan efektif dijalankan. Kami telah berupaya agar indikator-indikator pengarusutamaan gender dalam penyediaan akses, partisipasi, manfaat dan kontrol atas pembangunan bagi perempuan dan laki-laki, betul-betul terintegrasi ke dalam program kerja pembangunan,” ujarnya.

Oleh karenanya Ariadi berharap, data-data dan dokumen yang diverifikasi, serta kondisi faktual di lapangan bisa memenuhi persyaratan dan kelayakan, untuk mengantarkan Kalsel menjadi provinsi dengan pelaksanaan pengarustamaan gender terbaik di Indonesia dan memperoleh penghargaan APE 2023.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengarustamaan Gender Bidang Politik dan Ekonomi KemenPPA RI, Dewa Ayu Laksmi mengungkapkan, dalam melakukan verifikasi data informasi dengan keterbatasan waktu serta menyiapkan data yang dibutuhkan sehingga KemenPPPA RI sangat mengapersiasi kepada Pemprov Kalsel yang telah melengkapi data dan informasi tentang perkembangan penyelenggaraan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai