Pemprov Kalsel Membentuk Kawasan Siaga Bencana Sehati di Kabupaten HSS

Dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial melakukan pembentukan Kawasan Siaga Bencana (KWSB) Sehati di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Kalsel, Achmadi pada pembukaan kegiatan mengatakan, dampak bencana alam yang terjadi dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian harta benda, dan rusaknya prasarana dan sarana publik.

“Sementara itu waktu untuk bereaksi sangat singkat, faktor risiko amat tinggi. Penundaan respon darurat dapat menimbulkan dampak yang buruk dan terdapat ketidakpastian yang amat tinggi, maka diperlukan respon yang cepat dan tepat termasuk respon dalam penanganan lebih lanjut bagi korban bencana,” kata Achmadi, HSS, Kamis (9/11/2023).

Lebih lanjut dikatakan Achmadi, bencana dapat memberikan dampak yang sangat luar biasa, dengan sekejab dan hitungan detik dapat menimbulkan kerugian harta benda, nyawa dan kerusakan sarana dan prasarana, hilangnya penghidupan/mata pencaharian, hilangnya pelayanan publik, kerugian ekonomi sehingga menghambat roda pembangunan di Indonesia.

“Seperti akhir-akhir ini cuaca yang cenderung ekstrem, akibatnya bencana banjir dan tanah longsor terjadi dimana-mana yang saat ini memasuki musim peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan di Indonesia termasuk Kalsel,” ucapnya.

Salah satu model penanggulangan bencana berbasis masyarakat yaitu Kawasan Siaga Bencana yang merupakan rangkaian penanggulangan bencana bertujuan untuk mengurangi jumlah korban atau pengurangan risiko bencana.

“KWSB dibentuk dengan maksud untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di sekitar lingkungan ini,” tambah Achmadi.

Pembentukan Kawasan Siaga Bencana di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini sebagai modal sosial percepatan penanggulangan bencana di wilayahnya, dengan bahu membahu KWSB Sehati langsung turun ke lokasi bencana alam banjir, bencana sosial kebakaran dan bencana lainnya yang terjadi di wilayah masing-masing, respon cepat yang telah diberikan oleh jajaran Dinsos Kab HSS.

KWSB yang terjun ke lokasi bencana dapat memberikan pengurangan risiko bencana lebih diminimalisir, khususnya bencana alam banjir yang terjadi di Hulunya dan Hilirnya juga merasakan bencana yang sama, oleh karena itu Dinsos Prov Kalsel bekerjasama dengan Dinsos Kab HSS melakukan langkah strategis dengan membentuk Kawasan Siaga Bencana yang terdiri dari Kecamatan-Kecamatan rawan bencana khususnya bencana alam banjir yang selalu terjadi disaat musim penghujan. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai